Sabtu Pahing, 3 Agustus 2024: Inilah Pasaran dan Weton Hari Ini

Surabaya – Okes.co.id, Hari ini, 3 Agustus 2024, kalender Jawa mencatat hari Sabtu Pahing. Yuk, simak selengkapnya tentang pasaran, weton, dan watak yang melekat pada

bibilung

Sabtu Pahing, 3 Agustus 2024: Inilah Pasaran dan Weton Hari Ini
Mohon maaf, Foto memang tidak relevan. Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Klik Laporkan. Terima Kasih
Laporkan

Surabaya – Okes.co.id, Hari ini, 3 Agustus 2024, kalender Jawa mencatat hari Sabtu Pahing. Yuk, simak selengkapnya tentang pasaran, weton, dan watak yang melekat pada Sabtu Pahing.

Penanggalan Jawa memiliki 12 bulan, masing-masing berisi pasaran dan weton. Bulan Juli 2024 bertepatan dengan Suro, bulan pertama dalam kalender Jawa. Sistem kalender Jawa lebih mirip dengan penanggalan Hijriah, keduanya ditentukan berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi.

Sabtu Pahing, 3 Agustus 2024: Inilah Pasaran dan Weton Hari Ini

Pergantian hari atau tanggal dalam kalender Jawa dimulai setelah matahari terbenam, tepatnya pada waktu magrib. Namun, terkadang terdapat selisih hari antara penanggalan Islam dan Jawa.

Pasaran dalam kalender Jawa terdiri dari lima hari: pahing, pon, wage, kliwon, dan legi. Gabungan hari dengan pasaran disebut weton. Berikut pasaran dan weton hari ini, 3 Agustus 2024:

  • Kalender Jawa: 27 Suro 1958
  • Kalender Masehi: 3 Agustus 2024
  • Kalender Hijriah: 28 Muharram 1446 H
  • Hari: Sabtu
  • Pasaran: Pahing
  • Weton: Sabtu Pahing

Watak Weton Sabtu Pahing

Weton Sabtu Pahing memiliki neptu 18, didapat dari penjumlahan nilai hari Sabtu (9) dan nilai pasaran pahing (9). Orang yang lahir pada weton ini memiliki sifat pemarah, namun cepat meredam amarahnya. Setelah melampiaskan amarah, mereka cenderung melupakannya dengan cepat. Sayangnya, sifat ini juga membuat mereka sulit mengakui kesalahan dan lebih memilih berkeras memegang pendiriannya.

Meskipun memiliki sifat pemarah, orang-orang Sabtu Pahing memiliki semangat hidup yang tinggi. Namun, semangat ini tidak selalu diiringi dengan kehati-hatian, dan mereka cenderung ceroboh.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar