Waspada! Sidoarjo Siap Siaga Amankan Pilkada 2024, Ribuan Personel Dikerahkan!

Sidoarjo – Suasana tegang menyelimuti Kabupaten Sidoarjo menjelang Pilkada serentak 2024. Untuk memastikan pesta demokrasi berjalan aman dan damai, ribuan personel gabungan dari Polri, TNI,

bibilung

Waspada! Sidoarjo Siap Siaga Amankan Pilkada 2024, Ribuan Personel Dikerahkan!
Mohon maaf, Foto memang tidak relevan. Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Klik Laporkan. Terima Kasih
Laporkan

Sidoarjo – Suasana tegang menyelimuti Kabupaten Sidoarjo menjelang Pilkada serentak 2024. Untuk memastikan pesta demokrasi berjalan aman dan damai, ribuan personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, Linmas, dan stakeholder terkait lainnya disiapkan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Alun-alun Sidoarjo, Kamis (15/8/2024).

Operasi Mantap Praja Semeru 2024, yang akan berlangsung selama 135 hari mulai 19 Agustus hingga 31 Desember 2024, menjadi bukti kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengamankan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, serta pemilihan kepala daerah di Kabupaten/Kota secara serentak.

"Petugas gabungan siap melakukan pengamanan di sejumlah obyek vital, termasuk kantor KPU dan Bawaslu, dengan menggiatkan patroli kamtibmas hingga sosialisasi deklarasi damai," tegas Kapolresta Sidoarjo, Kombes Christian Tobing, usai gelar pasukan.

Christian mengakui bahwa suhu politik di Sidoarjo sudah mulai memanas dengan munculnya berbagai kandidat calon kepala daerah. "Ini adalah dinamika demokrasi. Namun, kami berharap semua pihak dan masyarakat tetap dapat menjaga situasi yang damai," imbuhnya.

Waspada! Sidoarjo Siap Siaga Amankan Pilkada 2024, Ribuan Personel Dikerahkan!

Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi, juga menyampaikan pesan serupa. Ia mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam menyalurkan hak pilih dan menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan damai.

"Mari kita ikut serta mensukseskan Pilkada serentak 2024 dengan semarak, aman dan damai. Jangan mudah terprovokasi berita hoaks, SARA dan politik identitas. Mari bersama-sama menjaga Kabupaten Sidoarjo semakin kondusif, aman dan nyaman," ajak Subandi.

Meskipun situasi di Sidoarjo masih kondusif, Subandi mengingatkan pentingnya kewaspadaan di tengah tensi politik yang sedang naik menjelang tahapan pilkada. Ia berharap warga tidak terpancing dalam tensi politik dan menghindari konflik menjelang hari pencoblosan pada 27 November mendatang.

"Kami mengharapkan peran aktif warga juga untuk tidak menimbulkan konflik dan terpancing dalam tensi politik mendekati tanggal 27 November nantinya," tandas Subandi.

Gambar: Foto apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Alun-alun Sidoarjo dengan fokus pada barisan personel gabungan dari Polri, TNI, dan stakeholder lainnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar