Tiket Gratis Tak Berlaku di Sumatera

17
Kereta penumpang KA Kuala Stabas siap berangkat dari Stasiun KA Baturaja menuju Stasiun Tanjungkarang. Hingga saat ini, program tiket KA gratis belum berlaku untuk kereta di Sumatera. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Tiket kereta api gratis dibagikan PT KAI untuk perjalanan jarak jauh ini. Pemberian tiket secara cuma-cuma tersebut untuk memperingati hari Pahlawan, 10 November lalu.

Ternyata, program ini tak berlaku di seluruh Indonesia. Akibatnya beberapa penumpang KA di Baturaja mempertanyakan tiket gratis ini.

“Informasinya ada tiket kereta gratis. Tapi ketika saya tanya dengan petugas tiket di Stasiun KA Baturaja, program tersebut tidak berlaku di Baturaja,” ujar Ibnu, calon penumpang tujuan Baturaja – Tanjungkarang, dua hari lalu.

Menurut guru SMP ini, tiket gratis itu sangat membantu jika berlaku di Baturaja. Sebab, dirinya bisa menghemat untuk ongkos pulang pergi menggunakan KA. “Uang untuk beli tiket, bisa untuk membeli oleh-oleh,” ungkap warga kelurahan Talang Jawa, kecamatan Jawa Barat ini.

Dirinya mendapat kabar tiket gratis sejak beberapa hari terakhir. “Sepertinya (tiket gratis) hanya berlaku di pulau Jawa,” tuturnya.

Asisten Manajer Eksternal dan Internal PT KAI Divre IV Tnk, Asparen menjelaskan, program tiket gratis tidak berlaku untuk KA jurusan Tanjungkarang-Kertapati maupun sebaliknya. Ia mengatakan, program tersebut khusus untuk angkutan KA penumpang jarak jauh.

“Di Pulau Jawa, program ini sudah jalan. Tapi untuk Tanjungkarang – Kertapati belum,” tandasnya.

Untuk diketahui, PT KAI menggelontorkan 10 ribu tiket gratis bagi guru TK – SMA dan tenaga medis. Program gratis naik KA ini dihadirkan untuk menghormati dan menghargai guru dan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa. (stf)