Tempel DPT, Harapkan Partisipasi Masyarakat

10

OKU – Setelah ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten OKU Rabu, 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU, segera mengumumkan DPT melalui Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“PPS menempel DPT di Sekretariat PPS Kelurahan/Desa, dan tempat umum lainnya bertujuan untuk memudahkan warga mengecek DPT tersebut,” ucap Komisioner KPU OKU Divisi Data dan Informasi, Rahmad Hidayat.

Dikatakan Rahmad, tujuan DPT ditempel seraya meminta partisipasi masyarakat agar mendapat tanggapan dan masukan. “Ditempel mulai 28 Oktober hingga 6 Desember,” imbuh Rahmad.

Diterangkan Cak Rahmad, sapaan karib Rahmad Hidayat, DPT yang ditempel mencantumkan nama, alamat, tanggal lahir, nomor induk kependudukan yang berbintang, dan jenis kelamin. Sehingga, masyarakat dapat melihat, memeriksa, dan memastikan apakah namanya masuk DPT Pilkada OKU 2020.

“Apakah namanya atau anggota keluarganya atau tetangganya, sudah tercantum dalam DPT atau belum,” tukas Rahmad. Ditambahkan Rahmad, jika nama yang bersangkutan, keluarga atau tetangga belum dimasukkan di dalam DPT segera lapor ke PPS, PPK atau ke KPU OKU. “Selain itu, jika menemukan nama orang yang sudah meninggal dunia, pindah alamat, atau ganda kami harapkan partisipasi masyarakat untuk segera melaporkan,” pungkas Rahmad. (bet)