Tanam 1.000 Jahe Merah

13
Karang taruna blok D dusun VI desa Lekis Rejo menanam jahe merah dengan media karung. Foto: ist. (*)

OKU – Sulitnya lapangan pekerjaan membuat pemuda berinovasi atau mendapatkan penghasilan. Salah satunya, pemuda karang taruna blok D dusun VI desa Lekis Rejo, kecamatan Lubuk Raja. Pemuda di desa ini menanam jahe merah mengunakan karung bekas.

10 pemuda yang tergabung dalam karang taruna dusun tersebut menanam 1.000 bibit jahe merah. “Menanam jahe merah ini baru pertama kalinya dilakukan anggota karang taruna desa ini,” ucap Thomas, penyuluh pertanian.

Penanaman jahe merah ini dibantu warga. Sehingga pemuda tersebut mendapatkan bibit dan bahan lainnya. “Usaha ini termasuk usaha swadaya masyarakat,” jelas Thomas.

Untuk media tanam, para pemuda tersebut mengunakan campuran tanah dan pupuk organik. Ia menjelaskan, bibit jahe merah diperoleh dari usaha sebelumnya. Yaitu para pemuda desa ini pernah menanam jahe merah. Sehingga bibit jahe merah tidak perlu lagi membeli.

“Sedangkan untuk tempat menanam, anggota karang taruna menyediakan pekarangan rumah. Satu anggota karang taruna merawat 100 pot tanam jahe merah tersebut,” tambahnya. Penanaman jahe merah dalam skala besar in baru pertama kali dilakukan. Kemudian untuk penjualan jahe merah tersebuit, para pemuda yang akan mencari mitra. “Sebelumnya di blok atau dusun lain di desa ini, para pemuda sudah banyak yang menanam jahe merah, tinggal didampingi oleh penyuluh pertanian,” pungkas Thomas. (gun)