Tak Ada Anggaran Perbaikan Jalan Cor

15
Kerusakan jalan cor beton Batukuning - Kurup kian parah. Terlebih hujan yang mengguyur kota Baturaja beberapa hari belakangan, membuat kondisinya kian amburadul. Mirisnya, pemerintah provinsi Sumsel, tak mengganggarkan biaya perawatan tahun ini. Foto: mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Harapan masyarakat OKU khususnya di jalan cor beton Batu Kuning – Kurup mendambakan jalan cor bakal mulus, tinggal harapan. Pasalnya, Pemprov Sumsel tidak menganggarkan pembangunan Jalan Mahmud Abu Hasan itu.

“Tahun ini (2021) tidak dianggarkan (pembangunan Jalan Cor Batukuning -Kurup),” tulis Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Sumsel, Darma Budhy, saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, sambung Budi, pihaknya telah memasang rambu – rambu lalu lintas terkait banyaknya kendaraan bertonase besar yang kerap melintasi jalan tersebut.”Sudah dipasang rambu, desain tonase untuk jalan kewenangan Provinsi adalah maksimum 8-10 ton,” tulis Budi.

Untuk diketahui, Jl Letkol Mahmud Abu Hasan atau biasa Jalan Cor Batukuning – Kurup rusak parah. Ruas jalan Batu Kuning-Kurup tersebut merupakan jalan provinsi dan pada tahun 2019 lalu telah dilakukan perbaikan oleh Pemprov Sumsel.

Diungkapkan Aan, warga setempat, sudah lebih dari tiga bulan, jalan tersebut rusak. Menurutnya warga sekitar biasanya bergotong royong untuk memperbaiki jalan dengan meminta bantuan salah satu perusahaan di OKU. “Tapi, yang namanya ditimbun pasti tidak akan bertahan lama. Kalau hujan jalan pasti licin,” ungkap Aan.

Menurut Aan, selain kendaraan berat yang lewat, kerusakan jalan juga dipicu tidak adanya drainase (siring) dipingggir jalan dan adanya pipa PDAM yang bocor, sehingga saat hujan air menggenang di tengah jalan. “Harapa kami jalan ini bisa segera diperbaiki,” harap Aan. (bet)