Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Musdus

24
foto : Herli Yansah/okes.co.id Foto bersama usai musdus di desa belstung

Lubuk Batang – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Belatung bersama Pemerintah Desa Setempat kemarin (17/6) melaksanakan kegiatan Musyawarah Dusun (Musdus) di kantor desa belatung. kegiatan tersebut di hadiri oleh perwakilan masyarakat dari 4 dusun yang ada di wilayah itu serta kelompok perempuan serta karang taruna desa.

Saat dibincangi usai kegiatan musdus, Ketua BPD Desa Belatung Ali Abdu mengatakan kegiatan musdus tersebut di lakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat yang ada di desa tersebut. selain itu musdus juga bertujuan agar segala perencanaan desa bisa transparan dihadapan masyarakat desa.

“Kegiatan musdus ini wajib kita lakukan setiap tahun, agar kita tahu apa – apa saja yang menjadi usulan masyarakat sekaligus bisa merumuskan yang mana yang akan di jadikan skala prioritas,” ucap Ali Abdu.

Dijelaskan Ali, dari hasil musdus yang dilakukan kemarin (17/6), BOD desa telah menyimpulkan beberapa point’ yang di sampaikan perwakilan setiap dusun yang akan menjadi acuan pemerintah desa pada rapat Musdes bahkan Musrenbang mendatang. termasuk apa saja item yang menjadi usulan masyarakat.

“Pada umunya keluhan masyarakat di desa ini adalah masalah penanggulangan bencana terutama saat memasuki musim hujan. artinya kita akan usulkan apa saja keperluan yang bisa di kategorikan dalam masalah penanggulangan bencana seperti pembangunan Drainase, sumur Bor, jalan setapak serta lampu jalan,” jelasnya.

Ali menambahkan meski usulan tersebut merupakan prioritas bagi masyarakat masing – masing dusun, namun pihaknya bersama pemerintah desa akan kembali mengkaji ulang terkait usulan itu. sebab permasalahan inti dari realisasi pembangunan adalah dana.

“Kita akan lihat dulu terkait ketersediaan dana. kalau memang memungkinkan ya bisa saja di bangunkan, namun jika dana desa tidak bisa mengcover terpaksa usulan ini akan kita bawa ke Musrenbang kecamatan dengan harapan akan di akomodir dari dana APBD,” tambahnya.

Intinya sambung Ali, semua aspirasi masyarakat desa belatung sudah di serap oleh BPD dan Pemerintah desa dalam acara musdus kemarin. kedepan, pihaknya hanya akan merumuskan saja dan mengajukan usulan itu untuk di laksanakan di tahun 2022 mendatang.

“Kita akan bahas ini bersama pemerintah desa, dan akan di usulkan untuk program kerja di tahun 2022,”pungkasnya.(Lee)