Satu Rekan Pak Belalang Menyerahkan Diri

205
ER menjalani pemeriksaan di Polsek Baturaja Barat. Ia menyerahkan diri ke polisi setelah diantar keluarga dan Kades Kurup Supron Hadi. Foto : Zeri/OKES.Co.ID

OKES.CO.ID – Satu tersangka yang terlibat pencurian kelapa sawit PT Minanga Ogan menyerahkan diri ke Polsek Baturaja Barat. Ia adalah ER. Pria 30 tahun tersebut mendatangi Polsek Baturaja Barat didampingi keluarga dan Kades Kurup Supron Hadi.

ER merupakan satu dari tiga pelaku pencurian yang berhasil melarikan diri pada penangkapan yang dilakukan pada 4 Juni lalu. Saat itu, tiga orang pelaku berhasil diamankan. Yaitu Herwan alias Pak Belalang, Puldeni, dan Albadri.

Kapolsek Baturaja Barat AKP Ujang Abdul Azis melalui Kanit Reskrim IPDA Bustami menerangkan ER menyerahkan diri ke Polsek Baturaja Barat setelah polisi menerbitkan Daftar Pencarian Orang alias DPO.

“Polisi berkoordinasi dengan Kades Kurup ada warga desa tersebut yang terlibat dalam tindak kejahatan. Alhamdulillah hari ini (kemarin) pelaku sudah menyerahkan diri,” ungkap Bustami.

Masih kata, Bustami, pihaknya juga berterima kasih kepada Kades Kurup Supron Hadi yang sudah mengantar ER ke Polsek Baturaja Barat. “Atas nama Polsek Baturaja Barat dan Polres OKU, kami mengucapkan terima kasih,” ucapnya

Kades Kurup Supron Hadi mengungkapkan pihaknya berkoordinasi dengan keluarga ER agar yang bersangkutan menyerahkan diri. “Hari ini (kemarin) kami serahkan pelaku ke Polsek Baturaja Barat,” tegas Supron.

Sebelumnya, Unit Reskrim Polsek Baturaja Barat dan Polsek Lubuk Batang berhasil mengamankan 3 dari 6 pencuri buah sawit milik PTP Minanga Ogan pada 4 Juni dini hari. Pencurian buah sawit tersebut terjadi di apdeling 3 Soge, Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat.

Dari penangkapan itu, polisi dari dua polsek tersebut berhasil mengamankan tiga pelaku. Mereka adalah Puldeni (46), sopir truk yang merupakan warga desa Lubuk Batang Baru, kecamatan Lubuk Batang.

Kemudian, Herwan alias Pak Belalang (42) yang merupakan karyawan PTP Minanga Ogan. Herwan merupakan warga desa Kebun Jati, kecamatan Semidang Aji. Polisi juga mengamankan Albadri (29), warga desa Kurup, kecamatan Lubuk Batang.

Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa buah sawit serta truk pengangkut sawit curian. Sedangkan tiga pelaku lain berhasil meloloskan diri. Pencurian buah sawit tersebut didalangi oleh Herwan alias pak Belalang.

Pak Belalang sudah sering mencuri. Untuk pencurian kali ini, dia adalah dalangnya. Pencurian yang diotaki pak Belalang cs cukup rapi. Setiap pelaku  mempunyai peran untuk melancarkan aksinya.

Pak Belalang adalah petugas keamanan di PTP Minanga Ogan. Jadi dia tahu lokasi yang aman untuk mencuri. Sedangkan Puldeni bertugas menyiapkan mobil untuk mengangkut buah sawit. Sedangkan empat tersangka lain bertugas memanen buah sawit.

Mereka beraksi dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB dengan menggunakan dodos sawit untuk mengambil buah sawit dari pohon. Polisi yang sudah mengetahui pergerakan pak Belalang cs yang akan mencuri, lalu berkoordinasi dengan Polsek Lubuk Batang untuk melakukan pengintaian.

Hasilnya, saat akan mengeluarkan buah sawit dari kebun, para pelaku tak dapat berkutik saat tertangkap tangan membawa sawit hasil curian.

Dari tangan para pelaku, polisi mengamankan barang bukti buah sawit, satu unit truk BG 4472 FA, satu unit motor Supra Fit F 6513 WK, empat ton buah sawit di dalam truk, sebilah parang, satu tas ransel yang berisi dodos (alat pemetik buah sawit), serta sebilah dodos alat pemetik buah sawit. (zer)