Saluran Tersumbat, Air Meluap ke Jalan

9
Air yang meluber ke ruas akibat gorong-gorong yang tersumbat. Foto : Anto/HOS. (*)

OKU SELATAN – Akibat gorong-gorong tersumbat, akses jalan serasan seandanan di Kelurahan Batu Belang Jaya Kecamatan Muaradua OKU Selatan, tepatnya didepan kantor Harian OKU Selatan (HOS) kerap tergenang oleh air yang meluber disisi jalan.

Kondisi ini tentu saja cukup menganggu karena akses tersebut merupakan akses utama menuju komplek Perkantoran Pemerintah kabupaten OKU Selatan.

Evan, warga setempat, menyebutkan setiap kali hujan turun maka gorong-gorong yang tersumbat itu mengakibatkan aliran air tidak berjalan lancar dan membuat airnya meluber ke jalan.

Atas kondisi ini, ucapnya para pengendara yang melintas lokasi tersebut harus perlu ekstra hati-hati, tersumbatnya gorong-gorong dikarenakan banyak nya sampah yang menyumbat karena keberadaan genangan air itu cukup menggangu.

“Sebenarnya gorong-gorong ini dulunya besar lubang pengeluaran airnya, namun karena sering adanya sampah-sampah yang masuk ke gorong-gorong akhirnya menyebabkan tersumbat dan airnya terus menerus meluber ke jalan dan tergenang,” jelasnya.

Dikatakan Evan, sudah sejak lama gorong-gorong tersebut tersumbat dan di setiap datangnya hari ujan jalan itu selalu digenangi air hujan dan kalau dilihat lubang gorong-gorong itu tersumbat dikarenakan sampah. “Kita berharap kepada warga sekitar, baik yang menggunakan jalur aliran pembuangan jangan membuang sampah sembarangan. Sebab akibatnya sampah bisa dibawa arus air hujan dan menyebabkan gorong-gorong itu tersumbat,” katanya. (ant)