Ratusan Personil Siaga di Masjid-Gereja

16
Pengamanan di salah satu gereja pada peringatan Kenaikan isa Al Masih yang dilakukan oleh Polsek Baturaja Barat. Foto: ist. (*)

OKU – Polres OKU memastikan pelaksanaan ibadah umat Muslim dan Nasrani berlangsung aman dan lancar pada 13 Mei lalu. 13 Mei lalu merupakan hari suci bagi kaum Muslim dan Nasrani. Yaitu Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al Masih.

Pengamanan di masjid dan di gereja dilakukan. Salah satu gereja yang merayakan Kenaikan Isa Al Masih adalah Gereja Paroki Santo Petrus dan Paulus Baturaja di Kelurahan Air Gading, Kecamatan Baturaja Barat.

Pengamanan gereja dilakukan dua cara, yaitu terbuka dan tertutup. Di gereja ini, 12 personil Polsek Baturaja Barat siaga.

Hal serupa juga terlihat di Gereja Pantekosta Rahmat di Jl Pahlawan Kemarung. Pengamanan di gereja ini dipantau Kabag Sumda Polres OKU Kompol Hamdanil Azmi, S.Si yang didampingi Kasat Sabhara Polres OKU AKP H Arifin SH MH.

Dalam pengamanan tersebut, polisi mengimbau jemaat gereja untuk menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) guna mencegah penularan Covid 19 dan melakukan koordinasi dengan gereja apabila ada masyarakat yang datang bukan dari jemaat gereja guna mencegah teror yang menimbulkan gangguan kamtibmas.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK. MH melalui Kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengatakan, perayaan Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al-Masih di hari yang sama membuat Polres OKU bekerja ekstra dalam pengamanan masjid dan gereja.

“Polres OKU menerjunkan 132 personil untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat yang beribadah, baik di masjid maupun di gereja,” jelas Mardi.

Jumlah tersebut, kata Mardi, belum termasuk tambahan personil TNI, Sat Pol-PP, Dishub OKU, serta Dinkes OKU. “Polres OKU dibantu 20 personil TNI, 25 personil Sat Pol PP OKU, 22 personil Dishub OKU serta Dinkes OKU,” lanjutnya. (lee)