Raih Penghargaan Sebagai Pelopor TP2DD

9
Plh Bupati OKU H Edward Chandra menerima penghargaan dari Bank Indonesia yang didampingi Wagub Sumsel Mawardi Yahya. Foto: ist. (*)

PALEMBANG – Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H menerima penghargaan dari Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan.

Penghargaan diberikan pada Pembukaan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) tahun 2021 yang diselenggarakan Bank Indonesia.

“Penghargaan diberikan atas komitmen dan peran aktif pemerintah mendorong akselerasi Indonesia masuk ke era digital dalam semua transaksi. Serta sebagai pelopor pembentukan Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Sumsel, ” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo pada pembukaan festival ekonomi digital di Griya Agung, pada 5 April lalu.

Digitalisasi daerah, tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3/2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD).

“Di Sumatera Selatan telah terbentuk 6 Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), ” jelasnya.

6 TP2DD itu yakni tingkat Provinsi dan 5 kabupaten/kota. Diantaranya, Kota Palembang, Kabupaten OKU, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten OKI.

“Bank Indonesia mendukung penuh pembentukan TP2DD dan mengapresiasi pemerintah provinsi dan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Selatan,” katanya.

Menurut dia, TP2DD terbentuk, secara konsisten mendukung implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP) dan digitalisasi ekonomi daerah.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya sangat mendukung ETP ini karena memberikan manfaat transparansi, akuntabilitas anggaran pemerintah, efisien, mengurangi kebocoran anggaran.

“Oleh sebab itu kebijakan ini harus didukung penuh dan dikawal pelaksaannya hingga ke semua daerah, ” harapnya. (adv)