Posyandu Buka Kelas Ibu Hamil

4
Petugas posyandu desa Batumarta I memberikan penjelasan mengenai senam ibu hamil. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Pengetahuan tentang kehamilan masih jarang diketahui masyarakat yang tinggal jauh dari kota. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan tentang buah hati dalam kandungan, ibu hamil dusun Pasar, desa Batumarta I mengikuti kelas ibu hamil.

Kelas ibu hamil ini dibuka oleh Pustu Desa Batumarta I. Kelas ibu hamil ini berlangsung di balai dusun pasar. “Kelas ibu hamil juga diisi dengan senam ibu hamil dan penyuluhan,” ucap koordinator senam ibu hamil Suhartini Amkep, kemarin (18/11).

Kelas ibu hamil dibuka sebulan sekali pada tanggal 14. Namun kelas ibu hamil ini kini diundur karena ada kegiatan lain. “Kelas ibu hamil digelar di balai dusun karena balai dusun terletak di tengah – tengah dusun,” papar Suhartini.

Kelas ibu hamil memberikan pengetahui tentang ibu hamil dan senam ibu hamil. Dalam usia 21 minggu kehamilan, seorang ibu sudah bisa ikut senam ibu hamil di kelas ini. “Namun ada juga ibu yang belum bisa mengikuti senam ibu hamil karena usia kandungannya masih di bawah 21 minggu,” jelasnya.

Untuk ibu yang usia kandungannya kurang dari 21 minggu hanya mengikuti penyuluhan dari petugas kesehatan. “Sehingga ibu hamil bisa mengetahui kesehatan sang buah hati,” paparnya.

Selain senam ibu hamil, di kelas ini ada juga pemeriksaan tripel eliminasi (sipilis, HIV, dan hepatitis), dan pemeriksaan RDT atau tes malaria. “Selama ini belum ditemukan penyakit tersebut,” kata Suhartini.

Selain kelas ibu hamil, ibu hamil mendapatkan roti dan tablet penambah darah. “Semua diberikan gratis,” jelas Suhartini.

Manfaat mengikuti kelas ibu hamil ini sangat dirasakan Santi, salah seorang ibu hamil. “Saya jadi tahu pentingnya pemeriksaan kehamilan,” tegas Santi. (gun)