Penerima BST Tiga Kabupaten Berkurang

6
KPM asal kecamatan Baturaja timur mencairkan BST tahap 9 di kantor Pos Baturaja, kemarin (25/11). Pencairan di tahap ini, jumlah KPM menurun dari tahap sebelumnya. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Kantor Pos Baturaja kembali ‘diserbu’ masyarakat, kemarin (25/11). Sejak pagi, masyarakat kecamatan Baturaja Timur mendatangi kantor BUMN itu untuk mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Penyaluran bantuan ini menerapkan protokol kesehatan. “Di pintu masuk loket kami tempatkan pencuci tangan, warga juga diminta menggunakan masker, serta mengatur jarak. Selain itu, pencairan bantuan berdasarkan jadwal,” ujar Kepala Kantor Pos Baturaja Juhen Hendry.

Pencairan BST kemarin merupakan bantuan yang digelontorkan pemerintah pusat untuk tahap 9. Sebelumnya, pencairam BST tahap 8 dilakukan pada 15 November 2020.

“Jumlah penerima bantuan menurun dari tahap 8. Pengurangan jumlah penerima bantuan atau KPM, berdasarkan data yang masuk dari Kementeriam Sosial,” ungkapnya.

Pengurangan jumlah penerima sebanyak 315 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tahap 9 ini. Sebelumnya di tahap 8, jumlah penerima bantuan sebanyak 49.962 KPM di Kabupaten OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan. “Di tahap 9 jumlah penerima hanya 49.647 KPM,” terangnya.

Dirinya kembali mengingatkan penerima bantuan agar segera melakukan pencairan sesuai jadwal yang telah disusun Kantor Pos Baturaja. “Ini untuk menghindari pemblokiran pencairan. Sayang kan, uang bantuan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tandasnya. (stf)