OKU Minim Hidran Air untuk Suplai Pemadam Kebakaran

8
DPKP OKU mengusulkan penambahan hidran air untuk armada pemadam kebakaran di Kabupaten OKU. Saat ini, jumlah hidran suplai air hanya ada satu. Yakni di dekat masjid Ash Sholihin, Pasar Atas. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Jumlah hidran air sebagai penyuplai air untuk armada pemadam kebakaran (damkar) Dinas Pemadam Kebakaran Penyelamatan (DPKP) OKU masih sangat minim.

“Hingga kini, hanya ada satu hidran penyuplai yakni di dekat masjid Ash Sholihin,” ujar Aminilson, Kepala DPKP OKU, kemarin (10/2). Jumlah hidran air yang minim ini dinilai menyulitkan petugas pemadam saat memadamkan kebakaran. Akibatnya petugas, harus hilir mudik menambah air di tangki suplai.

“Kalau ada sumber air terdekat, biasanya menggunakan pompa air portable yang disiagakan di setiap armada pemadam kebakaran,” jelasnya.

DPKP OKU mengusulkan penambahan hidran suplai air ke Dinas Perkim OKU pada Juni 2020 lalu. “Diusulkan hidran air dibuat di setiap booster PDAM, sehingga memudahkan tangki air penyuplai menambah persediaan air, ” katanya.

Ada enam kecamatan yang diusulkan pembuatan hidran. Yakni Sosoh Buay Rayap, Lubuk Batang, Baturaja Barat, Baturaja Timur, Lubuk Raja, dan Peninjauan. (stf)