ODGJ Diduga Bawa Sajam

5
Keberadaan ODGJ membuat resah warga maupun pengguna jalan. Pasalnya, selain membuang sampah, ODGJ ini diduga membawa senjata tajam (sajam). Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – BATURAJA TIMUR – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membuat resah pengendara dan warga di sekitar PT Jasa Raharja Baturaja.

Tak diketahui asal ODGJ berjenis kelamin pria ini. Namun ia sudah terlihat sejak 12 Desember pagi. Di pagi akhir pekan itu pun, pria kurus berpakaian dekil ini membuat ulah.

“Rumput dari saluran air di tepi jalan ia cabut dan dibuang ke jalan raya. Akibatnya, jalan raya di depan kantor Jasa Raharja kotor oleh rumput yang berserakan,” kata Ujang, warga desa Air Paoh, kemarin (14/12).

Menurut dia, ODGJ itu pernah terlihat di perempatan lampu merah Air Paoh. Aktifitasnya sama. Yakni, duduk di dekat pagar rumah warga sembari memandangi kendaraan yang berlalulalang di depannya. “Mungkin orang gila ini lari dari lampu merah karena diusir anak punk,” jelasnya.

Dirinya menyebut, ia pernah diminta rekannya agar berhati-hati. Sebab, ODGJ ini pernah terlihat membawa senjata tajam (sajam) atau kayu. Meski sejauh ini belum ada yang menjadi korbannya. “Kabarnya  dulu bawa sajam. Tapi waktu saya lihat kemarin, ia hanya bawa karung,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial OKU Syaiful Kamal mengaku akan mengambil tindakan mengenai keberadaan ODGJ ini. “Masalah ini akan dikoordinasikan dengan Sat Pol PP OKU,” jelasnya. Sementara itu, Kasat Pol PP OKU Agus Salim melalui Kabid Trantib Sofyan belum memberikan tanggapan ketika dikonfirmasi. (stf)