Median Jalan Sering Ditabrak

13
Salah satu median jalan yang kerap ditabrak kendaraan dari arah desa Tanjung Baru menuju ke Pasar Atas. Foto: Mustofa/Oku ekspres. (*)

OKU – Karena sering ditabrak kendaraan, warga menyarankan agar median Jl A Yani di kelurahan Kemalaraja dibongkar. Tak hanya sekali, median tersebut sudah beberapa kali ditabrak kendaraan, khususnya pada malam hari.

“Sudah beberapa kali median jalan tersebut ditabrak mobil dan sepeda motor,” ujar Wanto, warga kelurahan Talang Jawa, kecamatan Baturaja Barat, kemarin (29/4).

Sejak median jalan dibangun, ruas Jl A Yani menyempit. Awalnya, median jalan tersebut dibangun untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di pertigaan Suska, kelurahan Kemalaraja.

“Kemacetan lalu lintas sudah tidak terjadi lagi di pertigaan tersebut, tapi macet pindah ke tempat lain. Kalau ada kendaraan yang berputar arah, biasanya terjadi kemacetan,” jelas Wanto.

Robi, warga Talang Aman juga menyebut, pemasangan median jalan dinilai kurang relevan. Apalagi di lebar badan jalan yang kurang memadai.

“Harusnya dilebarkan dulu ruas jalan, baru dikasih median jalan. Kalau sekarang, badan jalan tidak memadai dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah, ” ungkapnya.

Beberapa bulan lalu, dirinya miris dengan kecelakaan di ruas Jl A Yani maupun di depan rumah Dinas Kapolres OKU. “Mungkin pengendara mengantuk, sehingga kendaraan menabrak median jalan,” imbuhnya.

Usulan mengenai pembongkaran median jalan tersebut kerap disampaikan lewat media sosial. Biasanya, di salah satu postingan kecelakaan terkait beton pembatas jalan. “Setiap ada postingan kecelakaan berkaitan beton pembatas, ada saja warga yang mengusulkan median jalan untuk dibongkar,” tandasnya. (stf)