Manfaatkan Dana Desa Bangun Embung

15
Kepala Desa Karang Dapo, Martinawati bersama warga melakukan pembersihan sungai Ogan mati yang rencananya dibangun embung Desa Karang Dapo. foto : ist. (*)

OKU – Di 2021, Pemerintah Desa Karang Dapo, Kecamatan Peninjauan, berencana membangun embung. “Pembangunan embung ini memanfaatkan Sungai Ogan mati yang kurang produktif,” ucap Kades Karang Dapo, Martinawati S TP.

Diterangkan Martina, sapaan karib Martinawati, selama ini, Sungai Ogan mati seluas 1/4 hektar itu hanya ditumbuhi semak belukar. Sementara, tanam tumbuh berupa pohon bambu, kurang termanfaatkan bagi masyarakat. “Nantinya, embung ini akan kita manfaatkan untuk ikan,” terang Martina.

Dengan demikian, lanjut Martina, masyarakat Desa Karang Dapo yang akan menikmati hasil panen tersebut. “Insya Allah, jika tidak ada kendala, embung Desa Karang Dapo kita bangun di tahun ini,” imbuh Martina.

Keberadaan embung, lanjut Martina, akan mendatangkan manfaat tambahan bagi masyarakat, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat. “Kita akan mengkaji dan mempelajari terlebih dahulu lokasi pembangunan embung tersebut agar nantinya pembangunan itu tidak sia – sia'” terang Martina. Selain itu, lanjut Martina, Pemerintah Desa Karang Dapo juga akan berkoordinasi dengan Pemkab OKU terkait rencana pembangunan embung dimaksud. “Nantinya, kita akan berdayakan masyarakat untuk pembangunan embung ini,” pungkas Martina. (bet)