Lunas Pajak, Kendaraan Ditempel Stiker

9
Kepala UPTB Samsat OKU 1 memasang stiker tanda lunas pajak terhadap salah satu sepeda motor yang baru selesai membayar pajak. Foto: Herli Yansah/OKU EKSPRES. (*)

OKU – Usai pemasangan stiker tanda lunas pajak kendaraan bermotor diresmikan Gubernur Sumsel H Herman Deru, Jum’at (26/2) secara virtual,  UPTB Samsat OKU 1 Baturaja dan Samsat OKU 2 Peninjauan memasang stiker secara simbolis terhadap kendaraan bermotor di halaman Samsat OKU 1 bersama Kanit Regident Satlantas Polres OKU Iptu Ibnu Holdon dan Kepala Jasa Rahajra Baturaja Ahcmad Nurdin.

Kepala UPTB Samsat OKU 1 Baturaja Humaniora Basili Basmark SE mengatakan stiker tanda lunas pajak kendaraan bermotor ini merupakan program yang diinisiasi oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak kendaraan bermotor.

“Dengan adanya stiker ini secara tidak langsung pihak kepolisian, pihak Bapendda  serta masyarakat bisa mengetahui bahwa kendaraan tersebut sudah melakukan pengurusan dan pembayaran pajak.  dan Stiker tanda lunas pajak kendaraan bemotor ini merupakan yang pertama di Indonesia dan baru ada di Sumsel,” kata Belly.

Dirinya melanjutkan stiker tersebut juga dilengkapi QR code yang dihubungkan ke ponsel pintar. “Cukup lihat stikernya kemudian pindai barcode kita bisa tahu apakah pajak kendaraannya masih berlaku atau tidak tanpa melihat STNK,” Lanjutnya.

Dia menambahkan Samsat OKU 1 Baturaja untuk tahap pertama ini mendapatkan 6000 lembar material stiker untuk di jadikan  Stiker tanda lunas pajak kendaraan ini. selain itu pihaknya juga mendapatkan  2 unit printer khusus untuk mencetak stiker tersebut.

“Jadi untuk stiker ini kita akan dicetak di Samsat. untuk saat ini Printernya satu disiagakan di Kantor Samsat OKU 1 dan satu lagi di Mobil Samsat Keliling. Insyallah dalam waktu dekat juga kita akan mendapat penambahan material stiker,” tambah pria yang akrab disapa Belly ini.

Terpisah Kepala Samsat OKU 2 Peninjauan Aidi Purnawan SE MSi yang dibincangi mengatakan stiker ini merupakan penghargaan kepada wajib pajak yang taat dan telah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Stiker ini ditempel di TNKB (plat kendaraan), dengan melihat adanya stiker ini orang bisa tahu kalau kendaraan tersebut sudah membayar pajak,” kata Aidi

Samsat OKU 2 Peninjauan lanjut Aidi mendapat sekitar 2000 material stiker beserta 1 unit printer. “Setiap kendaraan yang sudah melakukan pembayaran pajak akan ditempel stiker dan secara bertahap seluruh kendaraan di wilayah Samsat OKU 2 ini bisa taat pajak. Kami juga menghimbau kepada masyarakat OKU ayo membayar pajak kendaraan tepat waktu, dengan membayar pajak kita telah ikut berkontribusi dalam pembanguan Sumsel khususnya Kabupaten OKU,” tutupnya. (lee)