Jadi Penyalur Alumni ke Dunia Kerja

25
Pengurus BKK SMK saat membentuk kepengurusan BKK OKU. Foto : ist. (*)

OKU – Guna membantu alumni SMK mencari pekerjaan, MKKS SMK OKU menyusun kepengurusan Bursa Kerja Khusus (BKK) di kabupaten. Penyusunan pengurus ini dilaksanakan di Aula SMKN 3 OKU dan dihadiri seluruh kepala SMK negeri/swasta di Kabupaten OKU.

Ketua MKKS SMK Eddy Darmansyah SPd MSi mengatakan, BKK berguna membantu alumni SMK mencari pekerjaan dan menjembatani dunia usaha merekrut tenaga kerja. “Sekaligus menjadi tolok ukur keberhasilan sekolah dalam menyiapkan tenaga terampil yang dibutuhkan pasar kerja,” kata Eddy.

“Keberadaan BKK sangat diperlukan karena untuk memudahkan alumni SMK agar terserap di dunia usaha dan dunia industri. Jadi BKK itu menyalurkan lulusan ke dunia kerja,” ujarnya.

Eddy yang juga merupakan kepala SMKN 3 OKU ini menjelaskan, setiap sekolah sudah ada. “Inisiator dari provinsi harus ada di setiap kabupaten. Makanya dibentuk kepengurusannya. Selama ini di setiap sekolah ada, tapi sekarang harus ada di tingkat kabupaten juga dan di sekolah tetap ada,” ujarnya.

“Yang jelas mereka segera membuat program kerja untuk studi banding untuk mengakomodir alumni untuk segera disalurkan ke dunia kerja. Kalau bisa rekrutmen dipusatkan di sekolah,” tegas Eddy. (jr8)