Isi Kotak Amal Masjid Dicuri

6

OKU – Aksi pencurian kotak amal masjid sering terjadi. Sebagian aksi kriminal tersebut terekam pengaman yang dipasang di dalam masjid. Tapi sebagian lagi tak diketahui warga.

Contohnya pencurian isi kotak amal masjid di Masjid Baiturrahim, dusun Cindra Mulya I, desa Battuwinangun. Kotak amal yang ditempatkan di dalam masjid tersebut baru ketahuan isinya dicuri oleh warga yang hendak salat. “Kotak amal yang terbuat dari besi berhasil dirusak oleh pelaku pencurian,” ucap Sahrudin, petugas masjid, kemarin (3/3).

Perusakan kotak amal tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB -14.00 WIB. Saat itu, suasana masjid sedang sepi. Sahrudin mengatakan, kotak amal yang terbuat dari besi tersebut diduga dirusak menggunakan linggis. “Diperkirakan uang tunai sebesar Rp500 ribu di dalam kotak amal hilang dicuri,” paparnya.

Aksi pencurian ini sudah diketahui pemerintah desa Battuwinangun. “Setelah kejadian ini, masih di desa ini harus berhati-hati agar tidak menjadi korban pencurian,” ucap Kades Battuwinangun Slamet Parida melalui Sekdes Desi Fitriyani saat ditemui di kantor desa.

Pencurian kotak amal ini terjadi saat warga sedang beristirahat seusai salat Zuhur. Ia mengatakan, biasanya pencuri beraksi dengan pura-pura salat di masjid tersebut. Setelah kejadian ini petugas masjid diimbau untuk selalu mengosongkan kotak amal jika ada uang dan langsung dimasukkan ke kas masjid. “Sehingga pencurian ini tak terulang kembali,” pungkasnya. (gun)