Imbau Masyarakat Waspadai DBD

16
ilustrasi. Foto : Google Image

OKES.CO.ID – Dinkes OKU terus mengimbau masyarakat agar menerapkan 3 M Plus. Yakni menguras menutup dan mengubur barang bekas plus memelihara ikan cupang di bak penampungan air.

“Untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), karena lebih optimal mencegah penyebaran DBD,” ucap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU, Andi Prapto Dimulyo.

Selain itu, lanjut Andi, masyarakat diminta rajin menggunakan obat nyamuk saat tidur dan memasang kawat kasa pada jendela serta pentilasi agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalam rumah. Kemudian, menanam tanaman pengusir nyamuk dan memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras.

“Yang terpenting masyarakat harus rajin membersihkan lingkungan sekitar termasuk tempat penampungan air agar nyamuk tidak berkembang biak,” beber Andi.

Diungkapkan Andi, sepanjang 2020 tercatat 21 warga Kabupaten OKU menjalani perawatan di rumah sakit lantaran menderita penyakit DBD. Periode Januari – Juni 2021, pihaknya baru mencatat satu kasus warga yang menderita DBD dan masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kabupaten OKU.

“Alhamdulillah, dari 21 kasus tidak ada yang meninggal dunia, semua pasien sudah sembuh setelah menjalani perawatan,” pungkas Andi. (bet)