Hadapi Musim Kemarau, Warga Dusun ini Lakukan ini

32
foto : gunawan/okes.co.id Pembangunan Pamsimas di Dusun Air Klutum II, Desa Battuwinangan.

okes.co.id – Musim kemarau yang menjadi momok warga Dusun Air Klutum II, Desa Battuwinangun, Kecamatan Lubuk Raja, kini tak lagi khawatir. Pasalnya, tahun ini, warga tidak perlu lagi mengambil air sumur bor atau dicek DAM saat musim kemarau lantaran beberapa hari belakangan sedang dikerjakan pembangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). “Satu dusun di desa ini akan dibangun Pamsimas,” ucap Kasi Kesra Battuwinangun, Agus Azan, dikonfirmasi Portal ini di Kantor Desa Battuwinanguun, siang tadi (9/6).


Diungkapkan Agus, pembangunan Pamsimas di Desa Battuwinangun menggunakan APBN yang saat ini sedang dalam progres Pembangunan. “Tahun ini Desa Battuwinangun mendapat bantuan 1 pembangunan Pamsimas,” ujar Agus.


Setelah dilakukan suirvei, lanjut Agus, Dusun Air Klutum II layak dibangun Pamsimas lantaran Dusun tersebut sering kekeringan di musim kemarau. “Dusun Air Klutum yang paling membutuhkan,” ucap Agus.
Sebelumnya, lanjut Agus, masalah kekeringan di Dusun Air Klutum II sedikit teratasi dengan adanya sumur bor. Hanya saja, kapasitas sumur bos tidak dapat memenuhi kebutuhan air warga Dusun Air Klutum II. “Adanya bantuan pembangunan Pamsimas, masyrakat tidak perlu repot lagi untuk mengambil air di sumur bor karena dibuat jaringan Pamsimas ke rumah – rumah,” pungkas Agus. (gun)