Gua Cakra Nirwana, Wisata Unggulan Desa Laya yang Layak Dikunjungi

62

okes.co.id – Bumi Sebimbing Sekundang memiliki aset melimpah lokasi wisata. Selain Gua Putri dan Gua Harimau, di Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat juga memiliki wisata yang layak dikunjungi para pelancong.

Untuk menarik minta para pelancong mengunjungi Gua Kelambit atau Gua Cakra Nirwana di Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat, Pemerintah Desa Laya bakal mengelola secara maksimal sebagai wisata unggulan Desa Laya. “Mulut goa sudah dibersihkan. Jadi dari jembatan (Desa Laya- Desa Saung Naga) sudah kelihatan,” ucap Kepala Desa Laya, Erlan Novrin.

Goa tersebut, lanjut Erlan, sangat berbeda dengan goa pada umumnya. Penjelajahan goa di batuan karang itu, bukan secara horizontal. Namun, vertikal. “Posisi lambung goa di bawah tanah. Jadi harus turun menggunakan tangga tali,” terangnya.

Goa tersebut, kata dia, kerap didatangi pecinta alam di OKU. Salah satunya KPA Gempa Sabatra, yang sering memanfaatkanya untuk olah keterampilan dan fisik. “Jadi goa itu sering didatangi, tapi tertentu saja. Kedepan diwacanakan dibuka, supaya jadi satu paket dengan Lesung Bintang, ” tandasnya. (stf)