Disdik OKU Berencana Bangun PAUD Percontohan

47
foto : ist PAUD : Kepala Dinas Pendidikan OKU, H Teddy Meilwansyah didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar, audiensi ke Direktur PAUD Kemendikbud RI, Dr Muhammad Hasbi.

okes.co.id – Untuk meningkatkan partisipasi dan perluasan akses serta meningkatkan kualitas PAUD, Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas Pendidikan Kabupaten OKU berencana membangun Unit Gedung Baru (UGD) PAUD Percontohan di Kabupaten OKU.

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, H Teddy Meilwansyah didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar, audiensi ke Direktur PAUD Kemendikbud RI, Dr Muhammad Hasbi.

Dalam pertemuan tersebut, mantan Pj Bupati Muara Enim ini, menjelaskan bahwa Kabupaten yang berjulukan Bumi Sebimbing Sekundang ini terdiri dari 13 Kecamatan, 14 Kelurahan dan 143 Desa yang memiliki penduduk usia 3 – 6 tahun sebanyak 35.322 anak (data dari BPS 2020). “Sedangkan jumlah peserta didik TK, TKLB, RA, KB dan SPS hanya sebanyak 11.501 anak (data dapodik dan Emis),” terang Teddy.

Sementara, lanjut Teddy, jumlah partisipasi PAUD hanya mencapai 32,55%. Hal ini disebabkan masih kurangnya jumlah lembaga PAUD di Kabupaten OKU. “Untuk meningkatkan partisipasi dan perluasan akses serta meningkatkan kualitas PAUD, maka kabupaten OKU sangat membutuhkan PAUD yang memiliki standar nasional untuk dijadikan PAUD percontohan,” tukas Teddy.

Dikatakan Teddy, PAUD percontohan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mau menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini serta mendukung program wajib belajar 1 tahun pra SD. “Selain itu PAUD percontohan ini diharapkan menjadi pusat pembelajaran bagi lembaga PAUD dan masyarakat di kabupaten OKU untuk peningkatan kualitas PAUD yang ada di kabupaten OKU,” ucap Teddy. (jr8)