Desak Berdayakan Masyarakat Setempat

12
Masyarakat Kecamatan Peninjauan menggelar aksi di kantor PHE. Foto: ist. (*)

OKU – Puluhan massa dari sejumlah desa di Kecamatan Peninjauan melakukan aksi massa ke kantor manajemen Pertamina Hulu Energi (PHE) di Desa Peninjauan.

Koordinator Aksi, Bawafi menyampaikan, aksi yang mereka lakukan menuntut transparansi dalam penerimaan tenaga kerja di PHE maupun sub kontraktor.”Saat ini kami menuntut 12 orang bisa dipekerjakan di sini atau kontraktor,” kata Bawafi.

Para peserta aksi, sebutnya berasal dari beberapa desa seperti SP 5, Lubuk Rukam, Mendala, Peninjauan, dan Mitra Kencana (SP7). “Masyarakat bertanya soal kesempatan kerja,” terang Bawafi.

Bawafi mengharapkan ada keterbukaan dalam penerimaan tenaga kerja non skill dan skill kalau memungkinkan. “Setiap ada sub kontraktor, kami harus tahu dan berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan,” ujarnya.

Warga, lanjut Bawafi, meminta PT PHE memberikan keputusan secepatnya. Pasalnya, warga sudah beberapa kali datang ke PHE  Air Serdang, tapi belum ada hasil.

Kapolsek Peninjauan AKP Indra Wilis mengatakan, peserta yang menyampaikan aspirasi menjaga keamanan dan ketertiban. “Serta menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aspirasi,” ucap Indra.

Tugiran, perwakilan PHE Air Serdang Peninjauan menyampaikan, perusahaan terbuka dalam penerimaan tenaga kerja. “Perusahaan berkoordinasi dengan kepala desa,” ucap Tugiran.

Humas PHE Air Serdang Masgawang menyebutkan, dalam penerimaan tenaga kerja, perusahaan tetap harus sesuai aturan. “Sebagai operator, perusahaan hanya melaksanakan kebijaksanaan pusat,” ujarnya.

Camat Peninjauan Zahrudin, mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi. “Proses perekrutan melalui pemdes karena PHE hanya melaksanakan kebijakan,” ucap Zahrudin. (bet)