Covid 19 Pukul Kinerja Koperasi

13
Pengurus koperasi OKES Berkah Sejahtera menggelar RAT yang dihadiri Dinas Koperasi dan UMKM OKU, akhir pekan kemarin. Foto: oku ekspres. (*)

OKU – Pandemi Covid 19 juga membawa dampak tak enak bagi koperasi di Kabupaten OKU. Buktinya, hanya 80 koperasi yang dinilai bisa bertahan aktif selama setahun terakhir.

Hal ini diungkapkan Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM OKU Firdaus, Jhon Herli, serta Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Betty Susanti.

“Bahkan, pada tahun ini, baru 11 koperasi yang menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan),” kata Betty saat menghadiri RAT Koperasi OKES Berkah Sejahtera, akhir pekan lalu.

Di hadapan pengurus serta anggota koperasi, Betty mengungkapkan, salah satu koperasi yang sangat terpukul akibat Covid 19 adalah koperasi sekolah. “Koperasi sekolah nyaris tak memiliki pemasukan selama pemerintah memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” papar wanita berhijab ini.

Oleh karena itu, Betty mengingatkan pengurus dan anggota koperasi untuk terus berupaya meningkatkan kinerja koperasi agar tetap bertahan. (stf)