BIAS Digelar dengan Prokes

9
Petugas UPTD Puskesmas Pengandonan melaksanakan BIAS kepada siswa SD di wilayah kerja Puskesmas Pengandonan. Foto: ist (*)

OKU – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2020, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pengandonan, melaksanakan BIAS di seluruh tingkat SD dan MI sederajat.

Kepala UPTD Puskesmas Pengandonan, Fitri Yanti SKM mengatakan, pihaknya melaksanakan BIAS di tujuh SD dan 1 MI. “Sasarannya adalah siswa kelas 1, 2 dan 5 siswa SD/MIM sederajat sekitar 608 siswa,” ucap Fitri.

Ditambahkan Fitri, imunisasi yang diberikan petugas UPTD Puskesmas Pengandonan kepada siswa kelas 1 yakni imunisasi Dt (Difteri tetanus). “Untuk siswa kelas 2 dan 5 yakni imunisasi Td (tetanus diftheria),” imbuh Fitri.

Diterangkan Fitri, teknis pelaksanaan BIAS dilaksanakan di sekolah masing – masing. Tim dari Puskesmas langsung terjun ke sekolah sekolah yang sudah terjadwalkan. Pelaksanaan Bias ini juga memperhatikan protokol kesehatan dan juga screning awal sebelum dilakukan imunisasi.

“Pelaksanaan BIAS ditengah pandemi yakni, setiap siswa datang berdasarkan jadual. Setiap siswa juga satu persatu dengan menerapkan protokol kesehatan 3 M,” terang Fitri.