Biar Efektif, UP Sekar Jaya Disarankan Satu Lahan dengan Ponton

20
Foto : Mustofa/Okes.co.idPembangunan Up Sekar Jaya disarankan agar berdekatan dalam satu lahan. Hal ini supaya jalur distribusi tidak memerlukan pipa panjang.

Baturaja, okes.co.id – Usulan pembuatan Unit Pengolahan (UP) PDAM Oku Sekar Jaya, sudah disampaikan ke Pemkab Oku. Realisasinya masih menunggu kepastian anggaran.

Untuk pembangunannya nanti, Direktur PDAM Oku H Abi Kusno melalui Kabag Tehnik PDAM Oku Asril HT berharap, agar dibangun di satu lahan.

“Maksudnya antara ponton pompa intake dengan bak pengolahan berada di satu lahan. Jangan terlalu jauh, ” sarannya.

Saran itu, kata dia, supaya pembangunan UP optimal. Karena dengan jauhnya jarak antara ponton dengan pengolahan, perlu pipa distribusi.

“Kalau dibuat satu lahan, anggaran untuk pipa distribusi dari ponton ke pengolahan, bisa dialihkan ke jalur pelanggan, ” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, bangunan Up di Lubuk Raja. Antara ponton dengan pengolahan terpaut jarak 7 km.

“Jarak 7 km itu perlu pipa untuk sampai ke pengolahan. Kalau dialihkan ke jalur pelanggan, bisa nambah pelanggan baru, ” ungkapnya.

Rencananya, unit pengolahan akan dibangunan di dekat jembatan baru desa Tanjung Kemala. Karena lokasi ponton harus berdekatan dengan sumber air baku, sungai Ogan. (Stf)