Alat Rusak, Dua Hari Air tak Mengalir

3

OKU – Dua alat di pompa intake I PDAM Pasar Atas rusak berat. Dua hari terakhir (Jumat-Sabtu), teknisi memperbaiki kerusakan tersebut. Pada Sabtu (30/1) sekitar pukul 12.30 wib, kerusakan tersebut berhasil teratasi.

Direktur PDAM OKU H Abi Kusno didampingi Kabag Tehnik Asril HT mengatakan, kerusakan terjadi pada Gate Valve Control diameter 200ml mm intake-1, dan kerusakan Impeller Pompa Centeifugal kapasitas 50 L/det pada pompa intake-1. “Gejala kerusakan sudah dirasakan sejak Kamis siang,” ujar Asril.

Keesokan harinya, petugas memperbaiki kerusakan Impeller pompa dan gate valve. Kerusakan tersebut diketahui petugas saat debit air baku yang diterima PDAM mengalami penurunan.

“Ada dua pompa. Yakni, intake 1 dan intake 2 dengan kapasitas sama-sama 50 liter/detik. Namun, karena intake 1 rusak, debit air baku ke pengolahan menjadi berkurang,” jelasnya.

Kerusakan dua alat itu dinilai lumrah karena keduanya bekerja selama 24 jam. “Operasionalnya nonstop, wajar terjadi kerusakan. Air bersih tetap diproduksi, tapi hanya mengandalkan intake 2. Otomatis air bersih yang dikirim ke pelanggan terbatas. Ada yang dapat, ada yang tidak,” imbuhnya. Imbas kerusakan intake 1, distribusi air bersih ke pelanggan di dalam kota Baturaja terganggu. Sabtu lalu, pelanggan di Jl Akmal mengeluhkan air PDAM yang tak mengalir sejak dua hari terakhir. Hal yang sama juga dirasakan warga di Bukit Sari. (stf)