85 Kepala Keluarga Nikmati Jargas

200
Foto:ist; warga desa Marga Bhaki, Kecamatan Sinar Peninjauan saat mencoba menghidupkan kompor gas yang menggunakan jaringan gas.


Di Desa Marga Bhakti


Okes.co.id- Program Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas) di Kabupaten OKU yang digagas mantan Bupati OKU alm Drs H Kuryana Azis secara bertahap sudah dinikmati masyarakat OKU.
Salah satunya masyarakat di desa Marga Bhakti, kecamatan Sinar Peninjauan. Di desa ini , dari 248 kepala keluarga(KK), 85 KK sudah menikmati jargas di rumahnya masing-masing.
Dan jumlah tersebut dipastikan terus bertambah. Hal ini sejalan dengan proses penyambungan jargas ke rumah warga tengah dilakukan oleh pihak terkait.
Sekretaris Desa Marga Bhakti, Asep Bari dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurutnya, sejak tiga hari lalu, proses penyambungan jargas ke rumah warga sedang dilakukan oleh Perusahaan Gas Negara(PGN) sumsel.
“Alhamdulillah sudah ada 85 KK di desa kami sudah menikmati jargas,” kata Asep.
Dikatakan Asep, warga berterima kasih kepada pemkab OKU terkait program jargas di daerahnya. Asep beralasan, warga tidak lagi bergantung pada tabung gas yang selama ini dipakai oleh warga.
“Mewakili warga Desa Marga Bhakti kami ucapkan terima kasih kepada pemkab OKU karena jargas sudah kami nikmati,” tukasnya.
Camat Sinar Peninjauan, Ahmad Hidayat, S.STP, M.Si turut membenarkan jika Jargas di wilayahnya sudah menyala dan dinikmati, khusunya di desa Marga Bhakti. Dia berharap jargas yang sudah menyala dapat dimanfaatkan warganya dengan baik untuk keperluan rumah tangga, seperti memasak dan lain-lain.” Gunakan dengan baik jargas yang ada, bila ada gendala secepatnya koordinasi dengan pihak terkait,” pesannya.
Diberitakan sebelumnya, Pemerintah kabupaten OKU bekerjasama dengan Kementerian ESD membangun jaringan gas(jargas) di bumi sebimbing sekundang. Pada program ini, sebanyak 36.000 kepala keluarga(KK) dapat menikmati jargas rumah tangga.
Pembangunan infrastruktur jargas bersumber dari Kementerian ESDM sebesar Rp3,2 triliun di 54 kabupaten/kota di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten OKU.
Pada tahap awal, pembangunan jaringan gas di Kabupaten OKU akan dilaksanakan di kawasan Desa Lunggaian, Kecamatan Lubuk Batang hingga Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur. (din)