Siap – siap, OKU Siap Gelar Sekolah Tatap Muka

134

okes.co.id – Sejumlah TK, SD dan SMP di Kabupaten OKU, Kamis (10/6), menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM), terbatas. Uji coba ini ditinjau Plh Bupati OKU, Drs H Edward Candra MH, Kepala Dinas Pendidikan OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MP, Kepala Bidang Pembinaan SMP, M Darojatun SE ME, Kabid Pembinaan SD, Subri SPd MPd, Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar SSTP MM, maupun dari Dinkes dan Puskesmas.

PTM digelar secara terbatas untuk sementara hanya dilakukan TKN Pembina 1, SDN 1 OKU, SDN 11 OKU, SMPN 1 OKU dan SMPN 2 OKU.

Edward Chandra, mengungkapkan, bahwa sesuai dengan arahan dari pemerintah mulai melakukan simulasi. “Selama 1 hari ini anak – anak akan melakukan simulasi PTM terbatas, apalagi mereka sudah lama tidak belajar di sekolah,” ucap Edward.

Edward menilai bahwa SOP PTM, mulai dari anak masuk, cek suhu, cuci tangan, pakai masker dan juga dalam ruang belajar hanya dibatasi 25% dari kapasitas ruangan. “Sebagian sekolah yang ada di OKU melakukan di kelas dan daring dari rumah. SOP UKSnya apabila ada siswa yang suhu tinggi yang juga sudah bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk dilakukan tindakan yang sesuai ketentuan. Sehingga tidak ada kontak dengan teman lainnya,” terang Edward.

Dari sekolah dilihat, lanjut Edward, Kabupaten OKU siap untuk melakukan PTM terbatas di tahun ajaran 2020/2021. “Insya Allah kita siap,” tukas Edward.

Kadisdik OKU, H Teddy Meilwansyah, mengatakan, bahwa ujicoba ini sebagai persiapan untuk menyambut PTM terbatas pada tahun ajaran baru nanti. “Alhamdulillah hari ini kami Disdik kabupaten OKU sesuai dengan arahan pak bupati menyelenggarakan simulasi ujicoba PTM. Apabila nantinya akan dibuka tahun ajaran baru Juli nanti,” ucap Teddy.

Dikatakan Teddy, kalau melihat kondisi sekarang ini hampir sebagian besar satuan pendidikan di Kabupaten OKU telah siap melakukan PTM. Pasalnya, mulai dari ceklist, protkesnya, SOP nya, dan tentunya kesiapan sekolah untuk memenuhi protokol kesehatan semua sudah siap. “Kami yakin dan optimis Juli nanti kabupaten OKU siapa untuk menyelenggarakan PTM dan ini memang sudah mendapatkan lampu hijau dari pak Gubernur dan tentunya juga pak Mentri Pendidikan dan kebudayaan. Bagi orang tua yang belum mengizinkan anaknya untuk tatap muka bisa mengikuti Pembelajaran dengan daring,” ujarnya.

Siswi SMPN 1 OKU Kelas VIII, Adzra Zhafirah Elyandra, sangat antusias menyambut dimulainya kembali pembelajaran tatap muka. Dia mengaku sudah sangat jenuh mengikuti pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun. “Seneng banget bisa ketemu temen-temen dan bisa belajar di kelas lagi. Sudah lama nunggu bisa berangkat sekolah lagi kaya sekarang. Soalnya sudah bosen belajar di rumah terus,” ujarnya.(jr8)