Sosialisasikan Akreditasi PAUD-PNF

27
foto : jeki/okes.co.id AKREDITASI : Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar S STP MM saat membuka dan memberikan arahan kepada para peserta.

okes.co.id – Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) melakukan sosialisasi akreditasi PAUD dan PNF yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, agar pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF berjalan lancar.
Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar S STP MM, mengatakan, akreditasi PAUD dan PNF adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan. “Untuk itu, dalam upaya percepatan akreditasi PAUD dan PNF, saya berharap kepada asesor PAUD dan PNF Provinsi Sumsel yang berasal dari Kabupaten OKU dapat membantu, mengarahkan dan bahkan dapat mendampingi para kepala satuan pendidikan paud dan pnf dalam mempersiapkan dokumen akreditasinya,” ucap Ahmad.
Untuk diketahui, ada 200 satuan pendidikan PAUD di Kabupaten OKU. Yang terdiri, 10 TK Negeri, 51 TK Swasta, 1 Kelompok Belajar Negeri, 131 KB Swasta, 6 SPS dan 7 satuan PNF 7. 90 Satuan pendidikan PAUD yang belum terakreditasi yaitu 1 TK Negeri, 17 TK swasta, 67 KB dan 5 SPS. “Para peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan serius dan jangan sungkan untuk bertanya. Saya ucapkan selamat mengikuti sosialisasi semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan mutu satuan pendidikan,” imbuh Ahmad.
Pelaksana Kegiatan, Junaidi SE, mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan pemahaman tentang Akreditasi PAUD dan PNF tahun 2021. “Serta tersosialisasikannya akreditasi PAUD dan PNF tahun 2021 menggunakan aplikasi SISPENA 3.1,” ucap Junaidi.
Tahun 2021, sasaran sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF di kabupaten OKU berjumlah 75 satuan pendidikan PAUD yang terdiri dari SPS 3, KB 39, TK 27 dan RA 6. Yang belum terakreditasi ada 56 satuan, perpanjangan 3 satuan dan habis masa akreditasi 16 satuan.
Sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF dihadiri Kadisdik OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM diwakili Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar S STP MM, narasumber Dinas Pendidikan kabupaten OKU, Ari Kristi MPd, assesor pembina wilayah OKU dan anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi Sumsel, serta para peserta. Sosialisasi dilaksanakan pagi tadi (9/6) di aula Dinas Pendidikan Kabupaten OKU. (jr8)