Kartamulya Cuma Bangun Jalan Setapak. Karena… ?

45

okes.co.id – Pemerintah Desa Kartamulya, Kecamatan Lubuk Batang, sepertinya tak bisa berbicara banyak mengenai realisasi pembangunan fisik tahun 2021 di Desa Kartamulya. Pasalnya, penambahan kuota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT -DD), Desa Kartamulya di tahun 2021 sebanyak 143 KPM dari sebelumnya di tahun 2020 yang hanya berjumlah 43 KPM. “Bertambahnya KPM menjadi salah satu faktor tidak banyak pembangunan yang bisa kita laksanakan,” ucap Kepala Desa Kartamulya, Suandi kepada okes.co.id.

Dikatakan Suandi, saat ini Pemerintah Desa Kartamulya belum melakukan titik nol pembangunan fisik yang menggunakan Dana Desa. Kalau pun nantinya akan dilakukan titik nol, dipastikan tidak banyak pembangunan fisik di desanya. “Mungkin dalam minggu – minggu ini kita titik nol,” imbuh Suandi.

Tahun 2021 lanjut Suandi, Pemerintah Desa Kartamulya hanya akan membangun jalan setapak selebar 3 meter sepanjang 186 meter yang dibagi di 2 titik. “Dana kita tahun 2021 ini akan habis oleh penyaluran BLT DD. bayangkan saja jika di tahun 2020 lalu jumlah KPM hanya 43, dan di tahun 2021 ini jumlahnya meningkat pesat menjadi 143 KPM dan itu akan di salurkan selama satu tahun,” lanjutnya.

Kendati demikian, Suandi mengatakan ia tak terlalu kecewa lantaran di tahun 2020 lalu pihaknya masih cukup banyak merealisasikan pembangunan serta pengadaan unit ambulance. “Mungkin di tahun ini kita tak bisa banyak berbuat, namun Alhamdulillah di tahun 2020 kita masih bisa merealisasikan 6 titik pembangunan sumur Bor di 4 Dusun serta membeli satu unit ambulance desa,” tambah Suandi.

Penambahan jumlah penerima BLT DD, sambungnya, berdasarkan hasil seleksi tim desa bersama BPD desa yang memutuskan untuk menambah kuota Jumlah KPM yang termasuk dalam daftar penerima bantuan sosial kabupaten yang tidak di realisasikan lagi. “Nah, para KPM yang menerima bantuan sosial kabupaten ini di tahun 2021 kita masuk kan di dalam penerima BLT DD. makanya jumlah nya naik pesat,” pungkasnya. (lee)