Walaupun Pandemi, Pernikahan Di Lubuk Batang Meningkat

45
foto : herli yansah/okes.co.id Kepala KUA Lubuk Batang, Drs Arman Ashri

okes.co.id – Jika di Kecamatan Baturaja Barat pernikahan di masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan, namun berbanding terbalik di Kecamatan Lubuk Batang, justru mengalami peningkatan. “Hingga memasuki Minggu ke dua di Juni di tahun 2021 jumlah pernikahan justru meningkat,” ucap Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuk Batang, Drs Arman Ashri.

Diungkapkan Arman, pernikahan di KUA Lubuk Batang dari Januari 2021 – 20 Juni 2021 tercatat 98 pasangan pernikahan. “Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020 hanya ada 51 pernikahan,” timpal Arman.

Meningkatnya jumlah pernikahan di KUA Lubuk Batang disebabkan pada Mei 2020, kantor Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran untuk menunda waktu pernikahan. Sehingga tidak ada jadwal pernikahan. “Mei 2020, pandemi covid -19 sedang ganas – ganasnya. Sehingga banyak kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah termasuk untuk menyuarakan jadwal pernikahan ditunda untuk sementara waktu. Hal ini salah satu faktor pada 2021 jumlah pernikahan menjadi meningkat,” terang Arman.