Jalan Gotong Royong Lintas Rawan Laka. Bagusnya …?

166
foto : herbert/okes.co.id Simpang Tiga Jalan Gotong Royong tidak ada rambu lalu lintas.

okes.co.id – Agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas di simpang Jalan Gotong Royong, Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Baturaja Timur, masyarakat khususnya pengendara roda dua, mengharapkan sebelum di simpang tersebut dipasang rambu lalu lintas.

Diungkapkan Repi, simpang tiga jalan gotong royong jalan lintas Sumatera, rawan terjadi kecelakaan. Lantaran, simpang tiga tersebut di perlintasan jalan lintas Sumatera. “Kalau kita orang Baturaja, pasti sudah paham kalau mau melintas di situ sudah tahu ada simpang gotong royong. Nah, bagaimana yang dari luar kota Baturaja, pasti banyak yang tidak mengetahui kalau akan melintasi simpang gotong royong,” ungkap Repi.

Ditambahkan Repi, beberapa pengendara juga sering kecele ketika dari jalan lintas mau masuk gotong royong. Karena, masuk jalan gotong royong agak sempit. Sehingga, pengendara dari jalan lintas mau masuk jalan gotong begitu juga sebaliknya sering terjadi senggolan kendaraan. “Parahnya lagi, pengendara yang masih antri masuk jalan gotong royong dari jalan lintas, sering diserempet mobil bus atau Fuso,” beber Repi.

Hal senada disampaikan Oman, pengendara ojek. Dirinya seringkali nyaris terlibat kecelakaan. Pasalnya, ketika dirinya dari jalan M Hatta mau belok kanan menuju jalan gotong royong, dirinya terpaksa berhenti sejenak lantaran ada kendaraan dari jalan Gotong Royong belok kanan menuju jalan lintas simpang empat Sukajadi dan ada kendaraan dari jalan lintas simpang empat Sukajadi mau belok kiri ke jalan gotong royong. “Saya sudah berhenti, tiba – tiba ada mobil dari simpang Sukajadi jalan lurus. Karena nyalip mobil yang didepannya, jadinya motor saya nyaris ditabrak. Itu lantaran saya membunyikan klakson panjang sambil teriak,” beber Oman.

Dian, warga Kelurahan Sukajadi, mengharapkan, agar pihak terkait mengambil langkah antisipatif agar tidak terjadi kecelakaan di simpang tiga jalan gotong royong. “Pasang rambu lalu lintas. Sehingga, pengendara paham bahwa di depan mereka ada simpang tiga sehingga pengendara baik itu roda dua dan roda empat dapat berhati-hati,” cetus Dian.

Pentingnya rambu lalu lintas di pasang di simpang tiga jalan gotong royong lantaran berada di jalan lintas Sumatera yang pada lalu lintas. “Setidaknya kita memberitahu pengendara dari luar kota Baturaja. Terkadang kita orang Baturaja saja masih terkadang lupa kalau akan melintas di simpang tiga jalan gotong. Makanya, pentingnya rambu lalu lintas dipasang. Kalaupun nantinya dipasang, jangan dipasang ditempat tersembunyi,” pungkas Dian. (bet)