Jangan Kecele, Jumlah KPM Dikurangi

120

okes.co.id – Masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2021di Desa Sumber Bahagia, Kecamatan Lubuk Batang, berkurang 40 persen. “Tahun kemarin, 176 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tahun ini hanya berjumlah 77 KPM,” ucap Kepala Desa Sumber Bahagia, Kecamatan Lubuk Batang, Jatmiko.

Diterangkan Jatmiko, pengurangan KPM bukan ditentukan Pemerintah Desa Sumber Bahagia melainkan hasil validasi tim seleksi desa mengenai jumlah KPM. “Tim seleksi desa melalui rapat yang dihadiri BPD. Pemerintah desa hanya menyetujui hasil rapat dan memang angkanya cukup signifikan,” terang Jatmiko.

Dijelaskan Jatmiko, pencairan BLT DD bagi 76 KPM lantaran Pemerintah Desa Sumber Bahagia telah mencairkan Dana Desa sebesar 40%. “Penyaluran BLT DD ini tak berbeda dengan yang dilakukan Desa lain, untuk periode Januari 2021 dan hanya untuk 1 bulan,” beber Jatmiko.

Jatmiko berharap kepada para KPM yang masih mendapat BLT DD agar dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik mungkin. Pasalnya, tidak ada yang tahu sampai kapan BLT DD diterima KPM. “Jangan foya – foya, pergunakanlah untuk hal yang bermanfaat. Meskipun bantuan ini tidak mencukupi, setidaknya meringankan beban,” harapnya.

Sekretaris Pemerintah Kecamatan Lubuk Batang, H Ibrahim, berpesan kepada masyarakat yang tidak lagi mendapat bantuan agar tidak berkecil hati. Pasalnya, sebesar apapun bantuan yang diberikan tidak akan mencukupi. “Fahamlah, jika kita sudah tidak lagi menerima bantuan itu artinya kita sudah mampu. Tak ada yang pantas dibanggakan dengan selalu menerima bantuan,” ucap Ibrahim.

Penyerahan BLT DD Pemerintah Desa Sumber Bahagia secara simbolis dihadiri Sekcam Lubuk Batang, H Ibrahim, Bhabinkamtibmas Desa Sumber Bahagia, Bripka A Irpani, Babinsa Sertu M Zega, BPD Desa serta seluruh perangkat desa. (lee)