PAT Secara Luring Berbasis Android

37
Foto : ist SMK Yadika : Guru SMK Yadika Baturaja Saat memantau siswa yang sedang melaksanan PAT secara luring berbasis android

okes.co.id – Masih dalam situasi pandemi Covid-19, SMK Yadika Baturaja tetap menerapkan sistem ujian berbasis android pada pelaksaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi siswa-siswi kelas X dan XI untuk tahun ini. Ujian dilaksanakan dengan menggunakan HP masing – masing siswa.

Kepala SMK Yadika Baturaja, Boy Adriansyah SPd, mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa-siswi kelas X dan kelas XI SMK Yadika Baturaja sama seperti tahun – tahun sebelumnya. PAT maupun Penilaian Akhir Semester (PAS) di SMK Yadika Baturaja sudah melaksanakan dengan ujian berbasis android. “Bahkan sebelum pandemi, kita sudah melaksanakan PAS ataupun PAT dengan ujian berbasis android, dan di pandemi ini kita melaksanakan secara luring tapi tetap berbasis android,” ujar Boy.

Jadi, lanjut Boy, siswa membawa HP android masing – masing dan saat di sekolah memakai jaringan wifi dari sekolah, dan paket data mereka harus di matikan dulu agar bisa login. “Jika tidak dimatikan maka tidak bisa ikut, dan bagi siswa yang tidak memiliki HP atau HP ny bermasalah kita tetap menyediakan laptop/PC sehingga anak tetap mengikuti PAT,” ungkapnya.

Boy mengatakan, pelaksanaan PAT ini di mulai 2 – 9 Juni 2021, dan diikuti sebanyak 65 kelas X dengan jurusan TKJ 36 siswa dan Otomotif ada 29 siswa dan kelas XI 75 siswa dengan jurusan TKJ 33 siswa dan 42 siswa jurusan otomotif. “Pelaksanaan luring tapi terbatas ini tetap menggunakan protkes yang ketat dan dalam 1 hari itu 2 sesi dan 1 ruangan yang bisa menampung 100 siswa hanya di isi 23 siswa saja,” tukas Boy.

Boy berharap semoga siswa tetap mengikuti PAT ini dengan semangat meskipun selama ini hanya PJJ dan juga PAT ini merupakan bagian dari evaluasi yang bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi peserta didik. “Sehingga peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran ketingkat yang lebih tinggi,” pungkasnya.(jr8)