Tahap Tiga Ditunggu KPM

36

oles.co.id – Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama dan kedua sudah dicairkan, kelompok penerima bansos PKH sudah mencairkannya melalui beberapa penyalur yang ada di desa – desa.

Adapun kriteria penerima PKH yaitu ibu hamil, anak usia dini, anak usia sekolah SD,SMP,SMA, lansia, dan penyandang disabilitas, penerima bansos PKH adalah warga miskin yang tercatat sebagai keluarga penerima manfaat (KPM)

Saat ini masyrakat sedang menunggu pencairan tahap berikutnya yaitu tahap 3, untuk tahap berikutnya belum bisa diketahui kapan bisa dicairkan. “Tahap 3 belum ada kabar kapan akan dicairkan,” ucap pendamping PKH Kecamatan Lubuk Raja, Beni saat dikonfirmasi berada di kantor Desa Batumarta I.

Pencairan tahap 3 diprediksi pada Juli nanti. Untuk penerima PKH yang belum bisa menerima saat ini masih ada masalah di Nomor Induk Keluarga (NIK) yang berbeda – beda, untuk desa Batumarta I belum ada pengurangan KPM.

Pengurangan terjadi di Desa Battuwinangun, sebanyak 20 KPM sudah mengundurkan sebagai penerima PKH, keluarga penerima mengundurkan diri karena sudah sadar bahwa mereka tidak layak lagi menerima bansos, sebab mereka sudah tergolong kelurga mampu.

Kepala Desa Batumarta I, Delys Ardo SH saat bertemu Beni, mengatakan, harapannya bahwa tidak ada lagi kesenggangan dalam penerima bansos tersebut. “Pemerintah Desa Batumarta I siap membantu dalam program bansos,” ucap Delys, sapaan karib Delys Ardo.

Pemerintah Desa Batumarta I, lanjut Delys, siap membantu masyarakat hanya saja pihaknya juga meminta peran aktif Dinas Sosial bisa ikut bergerak untuk mendampingi. “Mendata penerima yang berhak, layak dan pantas menerimanya,” pungkasnya. (gun)