PDAM Tak Ngalir, Waga Dusun Baturaja Beli Air

119
foto: gunawan/okes.co.id Warga Dusun Baturaja membeli air untuk kebutuhan selama air PDAM tidak mengalir.

okes.co.id – Dua hari belakangan ini, mobil jasa pengangkut air bersih yang membawa tedmon, mondar – mandir memasuki kawasan Dusun Baturaja, Kelurahan Baturaja Lama. Penyedia air bersih ini datang atas panggilan warga yang membutuhkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Warga membeli air bersih setelah PDAM belum mengalirkan air bersih ke rumah warga lantaran sungai Ogan meluap. “Lah 4 Hari ini PDAM tidak mengalir” ucap Mai usai memesan air bersih saat penyedia air bersih sedang mengisi di rumahnya, Minggu (23/5).

Diungkapkan Mai, bak penyimpanan air bersih yang ada di rumahnya sudah kosong, sedangkan sungai ogan saat ini sedang meluap dan airnya kotor atau butek oleh lumpur. “Untuk keperluan air bersih di rumah untuk mencuci baju, dan juga mandi kami harus membeli air dari penyedia air bersih,” ujar Mai.

Per tedmon dengan kapasitas 1000 liter, dirinya membeli seharga Rp 50rb sampai Rp 70rb. “Cukup untuk dua hari,” imbuh Mai.

Kalau hujan deras, Mai tidak perlu membeli air lagi cukup mengumpulkan air hujan untuk persediaan mandi dan keperluan lainnya. “Untuk menghemat air yang kami beli atau kami tampung air hujan, kami ke sungai ogan untuk mandi, cuci piring dan juga cuci pakaian,” pungkasnya. (gun).