Alhamdulillah, 86 rumah di Bandar Agung Yang Terendam Banjir, Kini Mulai Surut

34
foto : ist foto : kondisi pemukiman Desa Bandar Agung usai banjir surut.

okes.co.id – Luapan air Sungai Wal di Kecamatan Lubuk Batang, tak hanya merendam Desa Gunung Meraksa saja, Namun Desa Bandar Agung, Kecamatan Lubuk Batang yang berada di bagian hilir sungai juga mengalami hal serupa.

Informasi yang disampaikan Kepala Desa Bandar Agung melalui Sekretaris Desa, Haiyi Khoirudin, mengungkapkan, sedikitnya 86 rumah warga dari 4 dusun di desa tersebut juga ikut terendam. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 70 cm.

Haiyi menjelaskan air mulai merendam desa nya pada Jum’at malam sekitar pukul 20.30 Wib dan ketinggian air terus naik hingga sebatas lutut orang dewasa. “Kalau hari Kamis belum banjir. air mulai naik itu hari Jum’at malam. awalnya kita fikir tidak akan dalam. ternyata dalam,” ucap Haiyi.

Dikatakan Haiyi, untuk Desa Bandar Agung, yang terkena langsung banjir ada sekitar 86 rumah yang dihuni 86 Kepala Keluarga dengan ketinggian air bervariasi. “86 rumah itu terbagi di 4 dusun diantaranya dusun 1 ada 11 rumah, dusun 3 ada 31 rumah, dusun 4 ada 28 rumah, dan dusun 5 ada 16 rumah. jadi totalnya 86 rumah,” lanjutnya.

Sabtu (22/5) air sudah mulai surut. terlihat hanya genangan air di halaman rumah saja yang masih. “Alhamdulillah air sudah surut pada Sabtu siang. masyarakat mulai membersihkan genangan lumpur yang ada di dalam rumah,” pungkasnya. (lee).