Konsumsi Daging Capai 5,6 Juta Kg

8
KONSUMSI : Berdasarkan data dari Dinas Perikanan Dan Peternakan (Diskanak) OKU Timur kebutuhan konsumsi daging mencapai 5.682.567 kilogram. FOTO : CLAUDEO/OKUTPOS. (*)

OKU TIMUR – Berdasarkan data dari  Dinas Perikanan Dan Peternakan (Diskanak) OKU Timur kebutuhan konsumsi daging mencapai 5,6 juta kilogram. Sedangkan konsumsi telur mencapai 4,3 juta kilogram. Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Peternakan Drh Muhammad Irsadi, Selasa (18/5).

“Konsumsi hasil ernak menurut komoditas tahun 2020 OKU Timur konsumsi daging mencapai 5.682.567 kilogram. Sedangkan konsumsi telur mencapai 4.391.622 kilogram. Sedmentara untuk tahun ini kita belum merekap hasil konsumsi, mengingat awal Desember nanti kita baru melakukan perekapan konsumsi hasil ternak menurut komoditas 2021,” katanya.

Dikatakan, untuk masyarakat yang ingin mengkonsumsi pangan asal hewan seperti daging ayam maupun sapi harus memperhatikan Kesehatan, Kebersihan, Kehalalan  (3K) dari pangan asal hewan tersebut.

“Sebaiknya masyarakat membeli pangan asal hewan tersebut di kios – kios yang berada di Pasar Tradisional OKUT yang sudah terdaftar di Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan),” katanya.

Dimana kata dia, Kios–kios yang sudah terdaftar ini para pedagangnya selalu utamakan kualitas pangan asal hewan seperti kesehatannya, kebersihannya dan kehalalannya terjamin.

Selain itu, untuk Rumah Potong Hewan (RPH) di OKU Timur ada 13 diantaranya, 6 RPH ada di Kecamatan Martapura. Sedangkan diwilayah Belitang ada 2 RPH, di Kecamatan Belitang Madang Raya  juga ada 2 RPH dan di Kecamatan Buay Madang  Timur ada 3 RPH.

“Untuk rumah potong hewan semuanya kita awasi, bahkan kita tempatkan satu persatu dokter hewan untuk mengecek kesehatan hewan di RPH,” pungkasnya Sementara, Faisal (47), salah seorang pedagang daging di Pasar Tradisional Martapura mengatakan, untuk harga daging saat ini masih terbilang normal diharga Rp130 ribu perkilo. “Saat ini harga daging sudah normal,” jelasnya. (clau)