Loket Bus AKAP Tutup

7
Loket bus AKAP Arya Prima di Jl Lintas Sumatera tutup sejak 6 Mei hingga 17 Mei mendatang. Pantauan koran ini, beberapa loket bus AKAP di sepanjang jalan itu juga tutup alias tak beroperasi. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Larangan dan pembatasan mudik pada 6-17 Mei berdampak pada perusahaan otobus (PO) di Kabupaten OKU. Sejak 6 Mei lalu, loket pemberangkatan penumpang tujuan pulau Jawa di sepanjang Jl Lintas Sumatera tutup.

Pantauan koran ini, kemarin (9/5) loket bus trayek pulau Jawa tak beroperasi. Diantaranya, loket Arya Prima, Adhi Prima, Rosalia Indah, Putra Remaja, Handoyo bahkan loket ALS.

Tidak hanya tutup operasi, halaman loket pun sangat lengang.  Tidak ada satu bus pun yang parkir. Biasanya, dua bus siaga di loket kendati tak beroperasi.

Kornelis, pengelola loket bus Arya Prima mengatakan, layanan bus penumpang tutup sementara. “Tutup sementara karena tidak boleh angkut penumpang,” ujar Kornelis, pengelola loket bus Arya Prima, kemarin (9/5).

Dirinya menjelaskan, bus yang biasa parkir di pelataran loket dibawa pulang sopir ke rumah masing-masing supaya lebih aman. “Makanya halaman parkir kosong karena bus diminta untuk dibawa pulang oleh sopir,” imbuhnya.

Tidak beroperasinya angkutan mudik lebaran sangat mempengaruhi pendapatan perusahaan. Terlebih, biasanya ada penerapan tarif tuslah hari raya. Dirinya menceritakan, sebelum tahun 2020, bus perusahaannya masih memberangkatkan 25-30 penumpang perhari dari loket Baturaja ke Jakarta. “Namun untuk sekarang, justru tidak ada sama sekali, ” terangnya.

Dilanjutkannya, satu penumpang saat itu dikenakan tarif Rp300 ribu. Artinya, jika sehari memberangkatkan 25 penumpang, loket sudah mendapat Rp7,5 juta. Namun, karena aturan sehingga pengelola tidak bisa berbuat banyak. “Rugi, tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa,” tandasnya. (stf)