Jalur Pasar Atas Ditutup

8
Petugas memasang pembatas jalan di Jl HOS Cokroaminoto Pasar Atas. Pembatas jalan tersebut dipasang untuk menekan kemacetan di Pasar Atas. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU –  Akses ke Pasar Atas resmi dibatasi oleh petugas. Penutupan ini ditandai dengan pemasangan portal pada 8 Mei lalu. Kendati terpasang sejak Jumat pagj, namun menurut warga, masih banyak pengendara yang menerobos pembatas jalan.

“Mobil dan sepeda motor masih banyak yang melintas karena tidak dijaga petugas secara ketat,” ujar Ihsan, warga kelurahan Baturaja Lama, kemarin (9/5).

Namun, sambung dia, jalur tersebut sempat dijaga petugas pada Jumat dan Sabtu. Khususnya, saat arus lalu lintas di Pasar Atas macet. “Ada penjagaan. Apalagi waktu ada kunjungan pejabat pemerintah beberapa hari lalu,” tandasnya.

Kepala Dishub OKU Firmansyah melalui Kasi Lalulintas Jauhari menjelaskan, pemasangan pembatas jalan di Jln HOS Cokroaminoto bersifat situasiasional. “Sifatnya sementara. Artinya, ketika arus lalulintas di Pasar Atas lancar, maka semua kendaraan bisa melintasi pasar,” jelasnya.

Namun, sambung Jauhari, jika arus lalulintas macet di Pasar Atas, maka kendaraan yang melintasi pasar dibatasi. Hanya kendaraan roda dua yang dibolehkan melintas. “Sedangkan untuk kendaraan roda empat dialihkan ke Jl Ir Sutami. Pengalihan arus lalu lintas ini bertujuan untuk mengurangi dan mengurai kemacetan,” terangnya.

D isamping itu, penjagaan juga dilakukan mulai H-3 sampai H-1  lebaran Idul Fitri nanti. “Di Pasar Baru hanya ditempatkan petugas untuk mengatur lalulintas kendaraan, ” tandas Jauhari. (stf)