Seluruh Siswa SMA Lulus

13
Kelulusan siswa SMA di Kabupaten OKU dilakukan secara online dan pada malam hari. Salah satunya dengan mengumumkan kelulusan melalui grup WhatsApp. Hal ini dilakukan dengan sejumlah alasan. Yaitu menghindari kerumunan siswa serta mencegah siswa konvoi di jalan raya. Foto: a setiawan/oku ekspres. (*)

OKU – Seluruh siswa SMA di Kabupaten OKU dinyatakan lulus. 2.693 siswa kelas XII SMA tersebut menerima pengumuman kelulusan secara online pada 3 Mei malam. Pengumuman kelulusan secara online ini dilakukan untuk mencegah siswa konvoi di jalan raya yang bisa membuka peluang penyebaran Covid-19.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA OKU Budi Taryono SPd MM mengatakan, pengumuman kelulusan bisa dilihat melalui website yang diberikan sekolah. Sehingga siswa tidak perlu datang ke sekolah. Apalagi pemerintah melarang warga berkumpul di tengah pandemi Covid-19.

“Siswa bisa membuka tautan yang telah diberikan sekolah untuk mengetahui hasil belajar yang dijalani selama ini. Tautan tersebut baru bisa diakses mulai pukul 19.00 WIB,” papar Budi.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 OKU Hj Jumiati SPd MM menjelaskan, penentuan kelulusan siswa berdasarkan sejumlah ketentuan. Yaitu siswa telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran, memiliki nilai sikap atau kelakukan  minimal baik, dan mengikuti ujian satuan pendidikan. “Tahun ini, 218 siswa (SMAN 5 OKU) alhamdulillah lulus semua,” ungkap Jumiati.

Kelulusan siswa, kata Jumiati, diumumkan melalui web yang dibagikan ke grup wali kelas. “Selamat kepada siswa kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikannya. Semoga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Diharapkan siswa yang lulus tidak melakukan perayaan yang berlebihan, khususnya jangan berkerumun dan tidak melakukan konvoi di jalan raya,” tegas Jumiati.