Salat Id-Takbiran Keliling Ditiadakan

OKU – Pemerintah Kabupaten OKU memutuskan untuk tidak melaksanakan salat Idul Fitri atau Id di taman kota Baturaja seperti tahun lalu. Selain itu, pemerintah juga meniadakan takbiran keliling. Bahkan pada Ramadan tahun ini, Safari Ramadan di 13 kecamatan tidak digelar.

Kabag Kesra Setda OKU Kadarisman menerangkan, salat Id, takbir keliling, dan safari Ramadan ditiadakan Covid19 yang masih melanda Kabupaten OKU. Pemerintah, kata Kadarisman, khawatir bila tiga agenda keagamaan itu tetap dilaksanakan akan menjadi salah satu penyebaran Covid19 dan muncul cluster baru di Kabupaten OKU.

Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan semua kegiatan keagamaan ditiadakan. “Sampai saat ini kegiatan keagamaan yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten OKU ditiadakan,” kata Kadarisman.

Mengenai salat tarawih yang dilaksanakan di pendopo rumah Dinas Bupati OKU, Kadarisman mengungkapkan, salat tarawih dilakukan dengan memperketat protokol kesehatan (prokes) dan jumlah jamaah yang hadir dibatasi.

“Salah satu syarat jamaah salat tarawih di pendopo Rumah Dinas Bupati OKU yaitu wajib menggunakan masker, cuci tangan sebelum dan sesudah salat tarawih,” katanya.

Dilanjutkan Kadarisman, Covid19 menjadi tanggung jawab bersama dalam memutus mata rantai dalam penyebarannya. Untuk itu, masyarakat diminta mentaati peraturan yang sudah ditentukan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid19 di Kabupaten OKU.

“Tak sedikit nyawa manusia melayang karena Covid19. Makanya sebelum kita menjadi korban selanjutnya, apa yang sudah ditetapkan pemerintah harus dilaksanakan, bukan mengabaikan dan meremehkannya,”  tegas Kadarisman. (din)