3 Ha Kebun Jati Terbakar

OKU – Kebakaran lahan diduga terjadi di kawasan kelurahan Saung Naga. Namun kebakaran ini di seberang sungai Ogan atau jauh dari pemukiman penduduk. Kebakaran tersebut diduga terjadi pukul 18.00 WIB pada 28 April lalu. Api yang membakar lahan tersebut sangat jelas terlihat karena menjelang malam.

Salah satu personil BPBD OKU Indo menuturkan, penyebab kebakaran tersebut belum diketahui. Namun, dari berbagai sumber yang ia peroleh, kebakaran terjadi di lahan kebun, bukan hutan. “Kebun pohon jati. Kemungkinan pohon jati banyak yang mati,” ujar Indo, kemarin (29/4).

Waktu kebakaran  terjadi, kata dia, belum diketahui. Pasalnya, dirinya menerima laporan kebakaran saat magrib. Petugas pemadam kebakaran bersama Polsek Baturaja Barat, Bhabinkamtibmas, serta Sekdes Laya hanya bisa memantau dari jauh.

Lahan kebun jati tersebut merupakan milik AY (53), warga desa Batuputih, kecamatan Baturaja Barat.

“Untuk pemadaman api tidak bisa dilakukan karena tidak ada akses jalan menuju lokasi kebakaran lahan tersebut,” sebut Indo. Ia menyebutkan, ada dua jalur untuk menuju lokasi kebakaran lahan. Lewat jalur di desa Tanjung Baru atau melintasi jembatan kereta api.

“Dua-duanya susah dilewati. Beruntung, sekitar pukul 21.00 wib, kobaran api mengecil,” terangnya. (stf)