Satgas KPK Sambangi OKU

8
Para pejabat Pemerintah Kabupaten OKU mendengarkan arahan dari Satgas KPK dalam rangka pengawasan dan evaluasi pencegahan korupsi. Foto: ist. (*)

OKU – Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kabupaten OKU kemarin. Kedatangan Satgas KPK tersebut bukan karena ada Operasi Tangkap Tangan (OTT) dalam kasus korupsi atau kasus lainnya.

Tapi, kedatangan satgas KPK ini untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program tahun 2021.

Rombongan satgas KPK diterima langsung oleh Plh Bupati OKU  Drs. H. Edward Chandra, M.H. Saat tiba di Kantor Bupati OKU, KPK menggelar rapat tertutup dengan  pejabat Pemerintah Kabupaten OKU di Ruang Bina Praja, kemarin (28/4).

Kepala Divisi Pencegahan dan Penindakan KPK Kordinator Wilayah 7, Nana Mulyana menyampaikan, rapat ini merupakan rapat Kordinasi Monitoring dan Evaluasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi di Sumatera Selatan .

Diharapkan, para pejabat pemerintah bisa menanggulangi dan mencegah korupsi di Pemerintah Kabupaten OKU. “Sehingga terwujud pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” kata Nana.

“Pemberantasan dan pencegahan korupsi  tanggung jiwab kita semua dan berbagai pihak. Oleh karena itu, mari kita cegah tindakan korupsi mulai dari kita sendiri,” pesan Nana.

Kordinator Unit Politik Deputi Pencegahan KPK  Alfi Rahman Waluyo juga menyampaikan, sebagai mitra pencegahan korupsi untuk penindakan pencegahan korupsi di pemerintah ada tiga hal yang harus dilakukan.

Yaitu perbaikan tata kelolah pemerintah, penyelamatan keuangan dan aset daerah, serta penugasan khusus. “Inilah tiga langkah dalam pencegahan korupsi di pemerintahan yang harus diterapkan,” sebut Alfi.

Sementara, Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Chandra, MH mengungkapkan, untuk menanggulangi dan mencegah korupsi di Pemerintah Kabupaten OKU, pemerintah telah menjalankan tiga fokus koordinasi pencegahan korupsi 2021.

“Pemerintah Kabupaten OKU dan jajaran akan semaksimal mungkin mencegah dan memberantas korupsi yang ada, terutama di Kabupaten OKU,” tegas Edward. (din)