Kantor Pos Hapus Penyaluran Komunitas

10
KPM kecamatan Baturaja Timur mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Baturaja. Para KPM ini baru mencairkan bantuan karena data mereka sebagai penerima BST baru diketahui pekan lalu. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – BST tahap 3-4 susulan disalurkan Kantor Pos Baturaja, kemarin (27/4), secara serentak di Kabupaten OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan. Untuk BST susulan ini di tiga kabupaten ini, jumlah KPM yang menerima sebanyak 4.785 KPM.

Namun, pada pencairan tahap 3-4 data susulan ini berbeda. Kantor POS Baturaja meniadakan pencairan komunitas.

“Karena jumlah penerimanya sedikit (2.781 KPM di Kabupaten OKU), pencairan komunitas tidak ada,” ujar Kepala Kantor Pos Baturaja, Aldy Frandinca Rinaldy, kemarin (27/4). Salah satu pencairan komunitas yang ditiadakan adalah kecamatan Lengkiti.

Sebelumnya, setiap pencairan bantuan dilakukan, petugas kantor pos datang ke kecamatan tersebut untuk mencairkan bantuan kepada penerima bantuan. “Jumlah KPM di kecamatan tersebut mencapai 1000 orang. Jadi layanan komunitas yang dilakukan. Tapi kalau pencairan data susulan, jumlah penerimanya hanya 100 orang, jadi penyalurannya hanya di kantor Pos Baturaja,” ungkap Aldy.

Sistem penyaluran tersebut sudah dilakukan setiap ada pencairan bantuan dari pemerintah. “Warga (Lengkiti) sudah biasa mencairkan bantuan ke kantor pos. Karena setiap layanan komunitas biasanya ada KPM yang belum ambil, maka pencairan bantuan dialihkan ke Kantor Pos Baturaja,” urainya.

Mengenai pencairan bantuan tahap 3-4 gelombang pertama, dirinya menyebut penyalurannya sudah hampir rampung 100 persen. “Sistem penyalurannya berdasarkan alamat KTP, bukan domisili,” tandasnya.

Salah satu KPM mengeluh. Pasalnya, data dirinya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan. Baik yang penerima tahap 3-4 gelomba pertama maupun yang susulan. “Perbaikan data sudah dilakukan, tapi nama saya tidak tercantum sebagai penerima bantuan. Selama ini, saya menerima bantuan ini terus,” ungkapnya. (stf)