Uang Zakat Fitrah Rp25 Ribu/Orang

23

OKU – Uang pengganti zakat fitrah 1442 H /2021 disepakati sebesar Rp25 ribu/orang. Keputusan ini merupakan hasil rapat bersama antara Kantor Kementerian Agama OKU dengan ormas Islam se Kabupaten OKU pada 21 April lalu.

“Untuk beras sebanyak 2,5 kg/orang. Tapi bagi muzzaki (bagi orang yang menyalurkan hartanya untuk berzakat) yang tidak menggunakan beras dapat menggunakan uang sebesar Rp25 ribu/orang,” ujar Kasubbag TU Kankemenag OKU H Fahrul Amin M. Pd. I, kemarin (26/4).

 Nilai tersebut, sambung dia, menggunakan harga beras standar minimal Rp10 ribu/kg. Dalam ketetapan itu juga, jika muzzaki yang makanan pokoknya sehari-hari kurang atau lebih dari standar yang ditetapkan, diminta untuk menyesuaikan.

“Edaran ini sudah disebar ke Kantor Urusan Agam (KUA) di Kabupaten OKU agar juga disebar ke masjid/musalah. Pembayaran zakat fitrah sudah boleh mulai hari ini (kemarin) sampai sebelum salat Idul Fitri,” tandasnya. Keputusan tersebut tertuang dalam surat Kantor Kementerian Agama OKU. No. B 1062/Kk.15.06.1/5/BA.03.2/4/2021 tanggal 21 April 2021. Pekan lalu, besaran uang zakat fitrah ditanyakan warga. Meski nilai uang tersebut terjangkau, namun uang pengganti zakat fitrah tersebut perlu disiapkan dari jauh hari. (stf)