Tiga Pencuri Buah Sawit Dibekuk

26

OKU – Unit Reskrim Polsek Peninjauan berhasil mengungkap kasus pencurian buah kelapa sawit. Buah kelapa sawit milik Indra Jaya (55), warga dusun I, desa Mendala, kecamatan Peninjauan dicuri lima orang.

Tiga pelaku berhasil dibekuk polisi. Ketiganya adalah Kincir (49), warga Karang Sari, kecamatan  Lubay, Muara Enim; serta Wendri (20) dan Agung Tri Atmojo (41), warga Desa Markati Jaya, Kecamatan Peninjauan. Sedangkan dua orang lainnya masih diburu polisi.

Penangkapan ketiganya berdasarkan laporan Indra yang juga pemilik kebun kelapa sawit dengan nomor lapor polisi: LP-B/05/IV/2021/RES.OKU/SEK. PENINJAUAN . Tgl 21 April 2021.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH melalui Kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengungkapkan, awal mula kasus pencurian buah sawit tersebut terungkap berawal dari laporan Indra yang merupakan pemilik kebun. Kebun kelapa sawit yang dicuri terletak di afdeling II Desa Mendala.

“Modus para tersangka mencuri buah sawit yang masih berada di pohon menggunakan egrek (alat pemanen kelapa sawit). Tandan buah kelapa sawit yang jatuh langsung dimuat di truk yang sudah disiapkan,” ucap Mardi.

Unit Reskrim Polsek Peninjauan yang dipimpin Kanit Reskrim IPDA Fitrawadi, SH melakukan penyelidikan. Hasilnya polisi mendapati mobil yang mengangkut buah kelapa sawit yang terjebak lumpur.

Melihat kedatangan polisi, dua pelaku langsung melarikan diri. “Sementara 3 orang lainnya berhasil diamankan,” lanjutnya. Dari penangkapan ketiga tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti satu unit mobil truk yang berisi 22 tandan buah kelapa sawit.

“Saat ini ketiga tersangka sudah diamankan di Polsek Peninjauan beserta barang bukti buah kelapa sawit. Polisi juga masih memburu dua tersangka lainnya (Ja dan No) yang berhasil kabur,” pungkas Mardi. (lee)